Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Jokowi dalam Video Ini Menari Lagu Nggak Mau Ganti Presiden

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden Joko Widodo (Jokowi) menari lagu nggak mau ganti presiden. Video tersebut diunggah Muhammad Qadar, pada 28 April 2021.

Unggahan klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden menampilkan sejumlah orang sedang melakukan gerakan tarian, salah satunya sosok yang mirip dengan Jokowi, diiringi dengan lagu dengan lirik sebagai berikut:

"Kami nggak mau ganti, nggak mau ganti presiden. Kami mau dia lagi, mau dia lagi jadi presiden"

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan "Viral lagu gak mau ganti Presiden".

Benarkah klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden

Penelusuran mengarah pada akun Youtube Kompas Tv berjudul "Ketika Jokowi dan Iriana Menari Bareng Warga Papua Barat" pada 28 Oktober 2019.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden

Youtube Kompas Tv berjudul "Ketika Jokowi dan Iriana Menari Bareng Warga Papua Barat" memuat video Jokowi sedang menari, video tersebut identik dengan video klaim. Namun, llirik agu yang mengiringi tarian tersebut bukan ganti presiden.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ada momen menarik ketika Presiden Jokowi berkunjung ke Kaimana, Papua Barat. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menari Seka. Seka adalah tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua.

Presiden Jokowi tampak luwes bergoyang tarian Seka, Kaimana. Bahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mendagri Tito Karnavian ikut bergoyang. Masyarakat pun antusias ikut bergoyang Seka.

Presiden Jokowi dan rombongan sempat menikmati senja sambil berbincang dan menatap matahari terbenam. Kunjungan ini sebagai bentuk perhatian Presiden pada warga Papua Barat."

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SWParAKwtuU

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Jokowi menari lagu nggak mau ganti presiden tidak benar.

Tarian Jokowi dalam video sebenarnya diiringi musik Seka Kaimana.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut