Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Siaran Berita Larangan Mudik Dicabut

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim siaran berita larangan mudik dicabut

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim siaran beritar larangan mudik dicabut, klaim tersebut diunggah akun Facebook Yahdi Mahyassa pada 28 April 2021.

Klaim siaran beritar larangan mudik dicabutberupa video seorang pembawa berita perempuan menggunakan bahasan asing, pada bagian bawah penyiar perempuan tersebut terdapat tulisan "AKHIRNYA, LARANGAN MUDIK DICABUT".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Akhirnya larangan mudik dicabut..😇😇"

Benarkah klaim siaran beritar larangan mudik dicabut? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim siaran berita larangan mudik dicabut, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim siaran beritar larangan mudik dicabut

Penelusuran mengarah pada situs shoponline.2021online.ru, situs tersebut menjual sejumlah video salah satunya yang identik dengan klaim.

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim siaran beritar larangan mudik dicabut

Situs shoponline.2021online.ru memberi keterangan video tersebut sebagai berikut "kazak tv spikeri KAZAK Tekerlemeleri - Kapıda İt Kaptı ". Perempuan dalam gabar tersebut merupakan pembawa berita Kazakh Tv.

Penelusuran juga mengarah pada situs brleast.info, situs tersebut memuat video yang identik dengan klaim, berjudul "KAZAKHSTAN NEWS REPORTER SOUNDS LIKE DIESEL TRUCK STARTING IN THE MORNING WOMEN EDITION".

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim siaran beritar larangan mudik dicabut

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut "Publicado em 4 Fev 2019kazakhstan language sounds like diesel women edition". Video tersebut dimuat oada 4 Februari 2019.

 

Sumber:

 

https://brleast.info/rock/kazakhstan-news/oGjEp9N712V_foU

https://shoponline.2021online.ru/content?c=kazak%20tv%20spikeri&id=2

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim siaran berita larangan mudik dicabut tidak benar.

Video tersebut beredar sebelum pemerintah menetapkan larangan mudik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.