Sukses

Cek Fakta: Viral Video Pintu Tol Pejagan Ditutup, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan akun TikTok mak.ranti pada 1 Mei 2021.

Dalam video 24 detik itu, tampak pintu masuk Tol Pejagan ditutup dengan menggunakan barier. Terdapat juga beberapa petugas yang mengarahkan kendaraan untuk tidak masuk ke pintu tol tersebut.

Akun TikTok mak.ranti kemudian mengaitkan video tersebut dengan larangan mudik yang diterapkan pemerintah.

"Ga usah mudik gaes, kita ke ragunan aja yang ga ditutup," tulis akun TikTok mak.ranti.

Video yang disebarkan akun TikTok mak.ranti telah 702 ribu kali ditonton dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Benarkah pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup usai larangan mudik diterapkan pemerintah? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup karena larangan mudik. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "pintu tol Pejagan ditutup" di kolom komentar warganet.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Video Penutupan Gerbang Tol Pejagan Hoaks, Terjadi 2020 Lalu" yang dimuat situs Liputan6.com pada 1 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Viral video penutupan Tol Pejagan beberapa hari ini. Kasi Lalin GT Pejagan, Ami membantah telah terjadi penutupan tol jelang larangan mudik.

Dia mengatakan, video yang beredar tentang penutupan tol tersebut merupakan kejadian pada 2020 lalu.

"(Video) tidak benar, itu video waktu lebaran 2020 saat awal Covid," kata Ami saat dikonfirmasi Merdeka, Jumat 30 April 2021.

Dia menegaskan, larangan mudik sendiri akan diberlakukan mulai 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Itupun pihaknya hanya melakukan penyekatan karena sejumlah kendaraan masih diperbolehkan lewat, seperti kendaraan yang mengangkut orang sakit.

"Penyekatan ya, bukan berarti semua tidak boleh melintas," jelas Ami soal penyekatan tol.

Sebelumnya, sebuah video yang menayangkan penutupan Gerbang Tol (GT) Pejagan viral. Padahal, larangan mudik baru berlaku pada 6 Mei 2021.

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup kita putar balik. Semua sudah tutup, tolong sampaikan ke kawan-kawan kita share yang ada di lapangan sana. Semua putar balik, arah Jakarta ke Jawa ditutup. Arah Jakarta ke Semarang ditutup," ujar seorang pria yang merekam video tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Sabtu (1/5/2021).

Pada video tersebut, sejumlah pengendara kebingungan. Mereka tak punya pilihan untuk memutar balik kendaraan, lantaran gerbang tol telah disekat dengan pembatas jalan.

Referensi:

https://www.liputan6.com/news/read/4546993/video-penutupan-gerbang-tol-pejagan-hoaks-terjadi-2020-lalu

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim pintu Tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah ditutup karena larangan mudik ternyata tidak benar. Faktanya, video yang disebarkan akun TikTok mak.ranti merupakan video lama. Peristiwa penutupan pintu tol dalam video tersebut terjadi pada 2020 lalu.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: