Sukses

Pemerintah Beberkan 3 Strategi Lawan Hoaks Selama Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate membeberkan strategi Pemerintah untuk melawan hoaks seputar covid-19. Namun Johnny berharap masyarakat juga berperan besar agar strategi ini berjalan lancar.

Kominfo mengungkapkan ada 1.556 isu hoaks seputar covid-19 yang ditemukan di media sosial hingga Jumat (29/4/2021). Dari isu hoaks tersebut tersebar menjadi 3.261 konten di platform media sosial.

Dari jumlah konten hoaks di atas, Kominfo telah menurunkan 2.816 konten. Sementara 445 konten lainnya sedang ditindaklanjuti. Kominfo juga mencatat ada 113 konten terkait isu hoaks covid-19 yang dibawa ke ranah hukum.

"Dari hulu melalui pendekatan edukasi literasi digital, di sisi tengah adalah upaya bersama pemerintah, komunitas dan media massa dalam melakukan klarifikasi dan diseminasi informasi, sedangkan di sisi hilir adalah penegakan hukum berupa pemutusan akses dan upaya lebih lanjut oleh kepolisian," ujar Johnny seperti dilansir laman Kominfo.

"Disinformasi atau hoaks ini adalah musuh bersama. Hoaks dapat menghambat upaya kita bersama dalam melakukan penanganan covid-19," katanya menambahkan.

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: