Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Pertamina Tegal Gede Kebakaran

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi Pertamina Tegal Gede kebakaran. Informasi tersebut diunggah akun Facebook Revan Aditama, pada 20 April 2021.

Unggahan informasi Pertamina Tegal Gede kebakaran tersebut berupa tautan Youtube, berjudul "[VIRAL] Pertamina Tegal Gede Cikarang Meledak Dahsyat"

Pada unggahan tersebut terdapat foto kobaran api dan tulisan "PERTAMINA TEGAL GEDE CIKARANG KEBAKAR".

Benarkah informasi Pertamina Tegal Gede kebakaran? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi Pertamina Tegal Gede kebakaran, dengan menghubungi pihak Pertamina Gas (Pertagas).

Manager Communication Relations & CSR Pertamina Gas, Elok Riani Ariza menyatakan, kobaran api perawatan rutin di Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegal Gede, Bekasi pada Senin 19 April 2021 merupakan bagian dari perawatan fasilitas penyaluran gas, untuk menjaga performa sarana distribusi gas agar tetap berfungsi optimal.

"Kegiatan maintenance telah selesai dilakukan dan aktivitas sudah berjalan normal kembali," kata Elok, saat berbincang dengan liputan6.com.

Menurutnya, kegiatan perawatan berlangsung sekitar satu jam lebih, yang dimulai sejak pukul 17.33 WIB. Aktivitas utama berupa pembersihan pipa yang mengalirkan gas dari Citarik ke Tegal Gede, Bekasi. Seterusnya dilanjutkan dengan pengecekan tekanan pada pipa dan aktivitas pembakaran gas atau flaring. Setelah proses perawatan selesai, aktivitas di fasilitas tersebut normal kembali.

Saat aktivitas flaring api memang nampak relatif besar, namun kondisi tersebut merupakan hal yang normal. Hal itu merupakan salah satu tahapan dalam perawatan pada fasilitas SKG Tegalgede tersebut.

"PT Pertamina Gas selalu berupaya untuk mengedepankan aspek safety dalam pelaksanaan kegiatan operasinya. Termasuk dalam hal tersebut pemeliharaan fasilitas secara berkesinambungan," tutup Elok.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'pertamina tegal gede'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kobaran Api yang Muncul dari Pertamina Gas Tegal Gede adalah Kondisi Normal Saat Perawatan" yang dimuat situs kompas.tv, pada 20 April 2021.

Dalam artikel situs kompas.tv Pertamina Gas, Tegal Gede, Cikarang Selatan, memberikan keterangan yang disampaikan melalui pesan singkat.

Manajer Komunikasi, Humas dan CSR Pertamina Gas, Elok Riani Ariza menjelaskan kobaran api itu merupakan kondisi normal kala perawatan rutin di Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegal Gede selama satu jam lebih.

Perawatan dilakukan demi menjaga performa sarana distribusi gas tetap berfungsi optimal dengan aktivitas utama pembersihan pipa yang mengalirkan gas dari Citarik ke Tegal Gede.

Sementara itu, saat ini kondisi di lokasi telah kembali kondusif.

 

Sumber: 

https://www.kompas.tv/article/166299/kobaran-api-yang-muncul-dari-pertamina-gas-tegal-gede-adalah-kondisi-normal-saat-perawatan

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi Pertamina Tegal Gede kebakaran tidak benar.

Kobaran api pada  Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegal Gede merupakan bagian dari perawatan fasilitas penyaluran gas dan normal terjadi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut