Sukses

Kenali Ciri Hoaks Penipuan Lewat Sosial Media

Berikut tips hindari pencurian data pribadi via sosial media.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan kemajuan teknologi, aksi kriminal penipuan online kini semakin marak dan canggih.  Sebab itu, kita harus waspada dengan meningkatkan pengetahuan seputar ciri-ciri penipuan online agar tidak menjadi korban dan merugi.

Platform sosial media di antaranya Instagram dan Facebook kerap dijadikan saran penipuan, biasanya penipuan memberikan informasi palsu atau hoaks yang menggiurkan korban agar tertarik dan masuk perangkap si penipu.

Agar tidak menjadi korban, kenali ciri penipuan online di media sosial dilansir dari Cermati:

1. Penipu akan membuat akun media sosial dan isinya dibuat sedemikian mirip persis dengan akun resmi yang ada.

2. Perhatikan dengan saksama akun media sosial resmi dari bank, perusahaan, institusi resmi. Umumnya, akun resmi ada centang biru (tanda verifikasi di Instagram)

3. Penipu siber akan mengirimkan pesan (DM/direct message) yang disertai link, dimana Anda akan dibuat penasaran dan diarahkan untuk men-klik link tersebut.

 

 

 

 

Simak Video Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.