Sukses

Cek Fakta: Hoaks Lowongan Kerja PT Astra dengan Gaji Rp 5,2 Juta Per Bulan

Ada sebuah postingan berupa lowongan kerja dari PT ASTRA (GROUP). Klaim ini beredar di WhatsApp Group dengan gaji Rp 5,2 juta per bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah postingan berupa lowongan kerja dari PT ASTRA (GROUP). Klaim ini beredar di WhatsApp Group.

Begini narasi yang beredar soal lowongan kerja di PT ASTRA (GROUP):

"Bantu share. Siapa tau ada yang butuh !!

Lowongan PT ASTRA (GROUP)

Produksi otomotif

Dengan Fasilitasnya :

1. Gaji Rp. 5.200.000/bln

2. Tunjangan Makan

3. Tunjangan Transportasi

4. Baju Seragam

5. Lemburan

6. BPJS

Penempatan :

1. Karawang

2. Cikarang

3. Jakarta

4. Tangerang

Kriteria :

Bagian Operator Produksi

1. Pria/Wanita Usia 18 - 22 Thn

2. Pendidikan min. SMA/SMK Sederajat

3. Tinggi min. 167 cm (Pria) dan min. 155 cm (Wanita)

4. Tidak bertato, buta warna dan tidak berkaca mata/minus

5. Pengalaman/non pengalaman

Cara Melamar :

Bagi pelamar yg ingin mendaftar silahkan membuka link Formulir Pendaftaran dibawah ini untuk melamar Via Online :

bit.ly/LptksFormsPendaftaran

Pendaftaran online dibuka sampai 15 Januari 2021

Semoga bermanfaat".

Lalu, benarkah itu lowongan kerja dari PT ASTRA (GROUP)?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com mengubungi Head of Investor Relations at PT Astra International Tbk, Tira Adianti. Dia memastikan kalau lowongan kerja itu tidak benar.

"Tadi tim saya click link yang diberikan, sepertinya hoaks. Sebab, template-nya bukan standard Astra. Itu penipuan sudah terkonfirmasi ya," ujarnya.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com memeriksa salah satu Instagram resmi milik Astra. Di akun Instagram tersebut, ada perbincangan dalam bentuk podcast dari Employer Branding PT Astra International Tbk, Diah Wahyu Utami mengenai penipuan yang selalu mencatut nama tempatnya bekerja. 

"Ini sih penipuan yang paling banyak. Biasanya, yang menjadi sasaran teman-teman SMK. Jadi namanya lowongan kerja PT ASTRA (GROUP) Tbk. Silakan di Googling dulu, kita tidak ada PT ASTRA (GROUP) Tbk," ujarnya di podcast DOBRAK! pada 29 Desember 2020.

Lebih lanjut, Diah mengatakan, perusahaan tempatnya bekerja tidak pernah menyebutkan nominal gaji hingga tunjangan saat menyebarkan lowongan kerja. Dia memastikan, lowongan kerja yang tersebat di WhatsApp harus dicermati lebih baik.

"Kemudian menyebutkan nominal gaji, tunjangan ini dan itu dari Astra, sangat mengiming-imingi. Namun kenyataannya, kami tidak pernah menyebutkan itu. Kami akan memberitahunya pas final," katanya.

Diah mengatakan, pola penipuan beragam. Namun yang paling sering terjadi pada Jumat sore.

"Biasanya, penipuan itu muncul Jumat sore biar tidak bisa konfirmasi ke Astra aslinya. Itu polanya karena Sabtu dan Minggu kan kita libur. Admin media sosialnya juga libur. Namun sekarang, kami hari Sabtu dan Minggu juga aktif," ucapnya.

Diah memastikan untuk mengetahui lowongan kerja dari Astra bisa dilihat di situs resmi, yakni astra.co.id. Selanjutnya, anak perusahaan Astra buka lowongan di beberapa kampus tertentu yang mengadakan job fair.

Sebagai catatan, Cek Fakta Liputan6.com sudah mendapat izin dari pihak Astra untuk mengambil kutipan Diah Wahyu Utami di podcast DOBRAK! yang diunggah di spotify pada 29 Desember 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim lowongan kerja mengatasnamakan PT ASTRA (GROUP) merupakan informasi yang hoaks. Lowongan pekerjaan itu tidak berasal dari website resmi Astra.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.