Sukses

Cek Fakta: Hoaks Panggilan Seleksi Karyawan PT Waskita Karya, Ini Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah klaim berupa surat panggilan seleksi untuk menjadi karyawan PT Waskita Karya. Diklaim kalau ada banyak calon karyawan untuk bekerja di Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang konstruksi.

Akun Facebook atas nama Mch Aqieb mengunggah surat yang mengklaim panggilan seleksi menjadi karyawan PT Waskita Karya. Dia mengunggah itu pada 1 Desember 2020.

Disebutkan dalam surat tersebut, seleksi panggilan menjadi karyawan PT Waskita Karya akan dilakukan selama dua hari, yakni pada 3 dan 4 Desember 2020. Seleksi disebut bakal dilangsungkan di Jakarta Timur.

Para peserta yang menerima surat tersebut juga diminta membawa fotocopy ijazah, KTP Kartu Keluarga, NPWP, hingga BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, para peserta seleksi diminta melakukan pembayaran kepada pihak travel agent untuk penggantian dana calon karyawan PT Waskita Karya.

Lalu, benarkah, klaim tersebut?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan CrowdTangle dengan kata kunci: "Hoax". Hasil penelusuran paling pertama mengarahkan ke akun Facebook PT Waskita Karya yang sudah mendapat centang biru atau terverifikasi.

Dalam unggahannya pada Selasa, 1 Desember 2020, PT Waskita Karya membantah adanya seleksi karyawan pada 3 hingga 4 Desember 2020. PT Waskita Karya juga melabeli surat yang diklaim sebagai perusahaan mereka dengan label: "HOAX".

"Pagi #TemanKita, beredar lagi berita HOAX terkait undangan panggilan seleksi tes untuk menjadi pegawai Waskita Karya pada tanggal 03 Desember - 04 Desember 2020 di atas.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk, tidak pernah mengeluarkan undangan dan panggilan tersebut. Setiap lowongan pekerjaan secara resmi kami umumkan melalui website resmi waskita karya di kolom karir (waskita.co.id/en/pages/humancapital/careeropportunities).

Kami juga tidak pernah bekerja sama dengan travel agent manapun, serta tidak dipungut biaya.

Selalu waspada dan berhati-hati dalam menerima segala bentuk informasi."

 

Pagi #TemanKita, beredar lagi berita HOAX terkait undangan panggilan seleksi tes untuk menjadi pegawai Waskita Karya...

Posted by PT Waskita Karya on Monday, November 30, 2020

Bantahan serupa juga bisa ditemukan di akun Twitter PT Waskita Karya, @waskita_karya. Begini bantahan dari mereka atas klaim seleksi karyawan pada 3 hingga 4 Desember 2020:

"Pagi #TemanKita, beredar lagi berita HOAX terkait undangan panggilan seleksi tes untuk menjadi pegawai Waskita Karya pada tanggal 03 Desember - 04 Desember 2020 di atas.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk, tidak pernah mengeluarkan undangan dan panggilan tersebut."

Ini bukanlah kali pertama PT Waskita Karya dicatut oleh orang tidak bertanggung jawab. Klaim yang mengatasnamakan PT Waskita Karya sudah terjadi sejak tahun 2016.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim surat panggilan seleksi karyawan PT Waskita Karya yang beredar di Facebook merupakan informasi hoaks karena tidak ada pengumuman dari BUMN ini mengenai hal tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: