Sukses

Kumpulan Hoaks yang Mencatut Nama Atlet Top Dunia: Mike Tyson hingga Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta - Informasi palsu alias hoaks bisa menyerang siapa saja. Namun, hoaks biasanya mencatut nama-nama orang top dunia, mulai dari presiden hingga para atlet.

Berikut ini Cek Fakta Liputan6.com merangkum beberapa hoaks yang mencatut nama atlet top dunia.

1. Hoaks Foto Pele Menangis di Makam Diego Maradona

Media sosial dibuat terenyuh dengan sebuah foto yang menggambarkan legenda sepak bola Brasil, Pele. Dalam foto itu, Pele diklaim menangis di makam legenda Argentina, Diego Maradona.

Di dalam foto tersebut, Pele menggunakan pakaian serba hitam. Sambil memegang bunga, Pele menangis di depan makam dengan nisan bertuliskan Diego Maradona.

Setelah dilakukan penelusuran, foto yang menyebut Pele menangis di makam Diego Maradona adalah hoaks karena foto itu merupakan hasil suntingan.

Satu-satunya ucapan duka cita Pele atas meninggalnya Maradona tertuang di akun Twitter pribadi.

Baca selengkapnya di sini.

 

2 dari 7 halaman

2. Hoaks Cristiano Ronaldo Bagi-Bagi Uang Lewat Facebook

Kabar tentang pemain sepakbola, Cristiano Ronaldo menggelar bagi-bagi uang di Facebook beredar di media sosial. Adalah akun Facebook Special Accun live yang mengklaim Ronaldo membagikan uang.

Akun Facebook Special Accun live mengunggah video siaran langsung. Dalam video tersebut tampak Cristiano Ronaldo tengah berbicara di depan kamera.

Ia tampak duduk bersama anak-anaknya di teras rumah. Ia juga kemudian berbincang dan menyapa penggemarnya. Akun Facebook Special Accun live mengklaim bahwa Ronaldo tengah menggelar giveaway.

Kabar tentang pemain sepakbola, Cristiano Ronaldo bagi-bagi uang lewat akun Facebook Special Accun live ternyata tidak benar. Akun Facebook Special Accun live bukan resmi dikelola oleh Ronaldo. Konten yang disebarkan akun Facebook Special Accun live masuk kategori palsu.

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 7 halaman

3. Hoaks Mike Tyson Siap Bayar Rp 141 Miliar untuk Pria yang Menikahi Putrinya

Beberapa waktu lalu, Cek Fakta Liputan6.com menemukan postingan di Facebook yang menyebut legenda tinju dunia, Mike Tyson siap memberi uang hingga 10 juta dolar Amerika Serikat (Rp 141 miliar) kepada pria yang bersedia menikahi putrinya, Mitchell.

Disebutkan dalam akun Facebook atas nama Proudly_9ja_Zone kalau Mike Tyson frustrasi karena Mitchell belum mendapatkan pria, baik untuk menjadi pacar ataupun suami. Akun itu juga menyebut Mitchell sebagai Mike Tyson dalam wujud wanita.

Klaim yang menyebut Mike Tyson siap bayar 10 juta dolar AS untuk pria yang menikahi putrinya dipastikan hoaks. Sebabnya, Mike Tyson tidak punya anak perempuan bernama Mitchell.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 7 halaman

4. Hoaks Sosok Diego Maradona Menendang Bola Tenis Sebelum Meninggal Dunia

Seorang pengguna Facebook, Raheem Khan Kunnappally mengunggah sebuah video yang diklaimnya sebagai sosok legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona. Raheem Khan menyebut eks pemain Napoli ini memiliki tubuh yang sangat gendut sebelum Diego Maradona meninggal dunia.

Dalam unggahan video Raheem Khan di Facebook pada Kamis (26/11/2020), Diego Maradona terlihat menendang-nendang bola tenis dengan sangat tinggi. Lalu, setelah itu legenda sepak bola yang meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020), terlihat kelelahan.

Setelah dilakukan penelusuran, video yang mengkalim Maradona bertubuh gendut menendang bola tenis sebelum meninggal dunia adalah salah.

Faktanya, video itu merupakan cuplikan film Youth yang rilis di tahun 2015. Video itu memang menggambarkan Diego Maradona, yang diperankan oleh aktor asal Argentina, Roly Serrano.

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 7 halaman

5. Hoaks Lionel Messi Gabung Klub Kolombia

Ribuan orang di Facebook dihebohkan dengan foto kapten Timnas Argentina, Lionel Messi yang disebut sudah mendapat klub baru. Disebutkan juga pemain berusia 33 tahun itu resmi meninggalkan klubnya, Barcelona.

Dua akun yang mengunggah foto Lionel Messi dengan klub barunya adalah Muyfrio dan Atlético nacional una sola pasión. Mereka mengklaim Messi resmi bergabung dengan Atletico Nacional, salah satu klub yang ada di Kolombia.

Foto yang menyebut klub Kolombia, Atletico Nacional sudah resmi mengontrak Lionel Messi selama tiga tahun adalah informasi palsu. Sebabnya, foto itu sudah diedit. Atletico Nacional sudah membantah kalau mereka tidak melakukan kontak dengan pemain berusia 33 tahun itu.

Baca selengkapnya di sini.

 

6 dari 7 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: