Sukses

Cek Fakta: Benarkah Tempurung Kelapa Bisa Sembuhkan Gigi Berlubang?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Topik Kesehatan pada 17 November 2020.

Akun Facebook Topik Kesehatan mengunggah narasi berisi tata cara mengolah tempurung kelapa untuk dijadikan obat menyembuhkan gigi berlubang. Berikut narasinya:

"OBAT SAKIT GIGI BERLOBANG ANTI KAMBUH

BAHAN

Tempurung kelapa secukupnya.

Kapas secukupnya.

Tusuk gigi atau lidi yg bersih.

Wadah tahan panas satu pasang.

CARA MEMBUAT DAN APLIKASI

Lilitkan kapas di ujung lidi.

Bakar tempurung kelapa sampai terbakar hampir sempurna.

Ambil tempurung kelapa yg sudah hampir jadi arang dgn benda tahan panas atau penjepit, letakkan dalam wadah tahan panas lalu tutup segera dengan wadah tahan panas lain untuk mengurung asapnya.Tunggu beberapa saat lalu buka penutupnya, akan terlihat WOOD VINEGAR berupa ter berwarna coklat melengket di penutup wadah.

Segera ambil wood vinager dengan kapas yg telah disiapkan sebelum membeku atau mengeras.

Sumbat gigi yg sakit/berlubang dengan kapas yg telah diolesi wood vinager.

Jangan lupa berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

SEMOGA BERMANFAATūüôŹūüôŹūüôŹ," tulis akun Facebook Topik Kesehatan.

Konten yang disebarkan akun Facebook Topik Kesehatan telah 922 kali dibagikan dan mendapat 27 komentar warganet.

Benarkah klaim tempurung kelapa efektif menyembuhkan gigi berlubang? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter gigi, Callista Argentina.

Callista mengatakan bahwa klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang hanya mitos belaka.

"Itu mitos ya," kata Callista kepada Liputan6.com, Rabu (18/11/2020).

Callista menjelaskan, hingga kini tidak ada penelitian yang mendukung klaim wood vinegar atau tempurung kelapa dapat mengobati gigi berlubang.

Justru, wood vinegar atau tempurung kelapa bersifat asam dan dapat membuat struktur gigi menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah.

"Wood vinegar atau cuka kayu terdiri atas asam asetat dan metanol. Asam asetat atau asam cuka banyak diproduksi untuk cuka konsumsi rumah tangga, bersifat mudah berkarat dan bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Sedangkan metanol dikenal juga sebagai spiritus, sifatnya beracun dan mudah terbakar sehingga banyak digunakan sebagai tambahan bahan bakar untuk industri," tutur Callista.

"Jadi itu mitos ya," sambung dia.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang tempurung kelapa bisa menyembuhkan gigi berlubang ternyata tidak terbukti. Dokter gigi, Callista Argentina menjelaskan tidak ada penelitian yang mendukung klaim tersebut. Konten tersebut masuk dalam kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.