Sukses

Ragam Informasi Palsu soal Legenda Tinju Mike Tyson

Liputan6.com, Jakarta - Mike Tyson merupakan juara tinju dunia kelas berat termuda sepanjang masa. Pria yang dijuluki si Leher Beton itu merebutnya saat masih berusia 20 tahun 150 hari pada 22 November 1986 lalu. Kebehasilan ini sekaligus jadi pintu gerbang menuju kesuksesan di tinju profesional yang mengubah nasibnya.

Keberhasilannya membuat Mike Tyson menjadi sosok yang populer di seluruh dunia. Sebagai orang populer, kehidupan Mike Tyson sering dikelilingi oleh informasi palsu.

Cek Fakta Liputan6.com merangkum tiga informasi palsu yang pernah mengelilingi Mike Tyson, seperti berikut ini:

1. Mike Tyson Tidak Jadi Mualaf saat Berada di Penjara

Selama ini Tyson disebut-sebut mengenal Islam saat dipenjara akibat tuduhan pemerkosaan 1992-1995 lalu. Sejumlah sumber menyebut, Tyson menemukan hidayah dan memutuskan menjadi mualaf. Setelah itu, dia kemudian mengubah namanya menjadi Malik Abdul Aziz.

Namun kabar ini dibantah langsung oleh Tyson dalam perbincangan dengan Susi Pudjiastuti yang disiarkan secara langsung oleh MolaTV, Jumat malam (2/10/2020). Dalam acara yang bertajuk Life Lesson from The Champ itu, Tyson menganggap kabar itu bohong dan tidak benar sama sekali.

"Itu cerita yang salah. Saya sudah menjadi muslim sebelum masuk penjara," kata Tyson.

Islam merupakan agama yang diyakini Mike Tyson. "Sampai saat ini, saya masih seorang Muslim," kata Tyson.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Mike Tyson Disebut Salat Berjamaah di Kafe Anti-Islam

Beberapa waktu lalu, Mike Tyson disebut melaksanakan salat berjamaah di kafe Anti-Islam. Diceritakan kalau pegawai kafe tidak berani menegur karena pria yang sedang salat itu adalah Mike Tyson.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi yang menyebutkan Mike Tyson sedang melaksanakan salat di sebuah kafe anti-orang Islam adalah salah. Faktanya, Mike Tyson salat berjamaah dengan Amer Abdallah, manajer pentinju Badou Jack dan Viddal Riley di Tyson Ranch.

Tyson Ranch merupakan ladang ganja milik Mike Tyson yang berada di Big Bear California, Amerika Serikat.

 

3 dari 5 halaman

3. Hoaks Nikahkan Anaknya yang Bernama Mitchell

Salah satu akun Facebook menyebut legenda tinju dunia, Mike Tyson siap memberi uang hingga 10 juta dolar Amerika Serikat (Rp 141 miliar) kepada pria yang bersedia menikahi putrinya, Mitchell.

Disebutkan dalam akun Facebook atas nama Proudly_9ja_Zone kalau Mike Tyson frustrasi karena Mitchell belum mendapatkan pria, baik untuk menjadi pacar ataupun suami. Akun itu juga menyebut Mitchell sebagai Mike Tyson dalam wujud wanita.

Namun, klaim yang menyebut Mike Tyson siap bayar 10 juta dolar AS untuk pria yang menikahi putrinya dipastikan hoaks. Sebabnya, Mike Tyson tidak punya anak perempuan bernama Mitchell.

Menurut The New York Times, Tyson memiliki enam anak biologis dari tiga wanita berbeda. Dari enam anak biologis itu, Tyson memiliki tiga anak perempuan yang masih hidup, yakni Mikey, Rayna, dan Milan. Satu anak perempuan Tyson, yakni Exodus sudah meninggal dunia pada 2009 karena kecelakaan.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: