Sukses

Informasi Hoaks Sepekan: Surat Utang Ridwan Kamil hingga Menkes Terawan Dapat Piala dari WHO

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah informasi hoaks masih beredar selama sepekan terakhir. Hoaks tersebut tersebar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan, gambar, hingga konten di Facebook.

Satu di antaranya klaim tentang surat permintaan utang mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Surat tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam surat tersebut ada dua versi yang beredar, yakni dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dalam surat berbahasa Inggris, ditujukan pada Bank Dunia.

Isinya Ridwan Kamil meminjam uang Rp 1,75 miliar rupiah dan akan dikembalikan dalam tempo 30 hari dengan imbalan bunga lima persen. Surat itu juga dilengkapi oleh cap Gubernur Jawa Barat dan tanda tangan Ridwan Kamil.

Sementara surat kedua dalam Bahasa Indonesia ditujukan pada salah satu distributor motor, PT Daya Adicipta Motora. Isinya Ridwan Kamil ingin meminjam uang sebesar Rp 550 juta dan juga akan dikembalikan dalam waktu sebulan dan dengan imbalan bunga lima persen.

Namun setelah ditelusuri, Surat Gubernur Jawa Barat untuk meminjam utang pada Bank Dunia dan salah satu distributor motor adalah hoaks.

Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jawa Barat memastikan bahwa surat yang viral di media sosial tersebut adalah palsu.

Selain surat utang yang mencatut Ridwan Kamil, ada sejumlah informasi hoaks lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya:

 

 

2 dari 6 halaman

Foto Joe Biden Pamer Kaos 2020 Ganti Presiden

Sebuah foto Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden memamerkan kaos bertuliskan "#2020 Ganti Presiden" beredar di media sosial.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Surya Manggala pada 8 November 2020.

Dalam foto tersebut, Joe Biden tampak memegang sebuah kaos berwarna putih. Terdapat tulisan "#2020 Ganti Presiden" dalam kaos tersebut.

"Mantap Logonya Bravo Joe Biden," tulis akun Facebook Surya Manggala.

Setelah ditelusuri, foto Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden memamerkan kaos bertuliskan "#2020 Ganti Presiden" ternyata tidak benar.

Foto tersebut telah disunting dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya. Konten tersebut masuk dalam kategori Palsu.

 

 

3 dari 6 halaman

Sampul Majalah Hidayah Bahas Kepulangan Rizieq Shihab

Sebuah gambar sampul majalah Hidayah dengan judul "Seorang Pria Berwajah Gosong Mendadak Mati Mendengar Kepulangan Habib Rizieq" beredar di media sosial.

Gambar tersebut diunggah oleh akun Facebook Budi Zulfikri Tanjung III pada 9 November 2020.

Gambar sampul majalah Hidayah tersebut berwarna biru. Tampak seorang pria tergeletak di kasur mengerang kesakitan. Orang-orang di sekitarnya tampak mendoakan pria tersebut.

Tedapat narasi dalam sampul majalah tersebut. Berikut narasinya:

"Seorang Pria Berwajah Gosong Mendadak Mati Mendengar Kepulangan Habib Rizieq".

"Alhamdulillah," tulis akun Facebook Budi Zulfikri Tanjung III.

Gambar sampul majalah Hidayah yang disebarkan akun Facebook Budi Zulfikri Tanjung III telah 12 kali dibagikan dan mendapat 7 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, gambar sampul majalah Hidayah dengan judul "Seorang Pria Berwajah Gosong Mendadak Mati Mendengar Kepulangan Habib Rizieq" ternyata tidak benar.

Gambar tersebut telah disunting dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya. Konten tersebut masuk dalam kategori Palsu.

 

4 dari 6 halaman

Foto Erdogan Tolak Jabat Tangan Presiden Prancis

Sebuah foto yang menampakkan dua pemimpin negara sedang viral. Foto itu menggambarkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menolak berjabat tangan dengan pemimpin Prancis, Emmanuel Macron.

Salah satu pengguna Facebook yang mengunggah foto Erdogan menolak berjabat tangan dengan Presiden Prancis, Macron adalah Mei Rianti Chan. Foto itu diunggahnya pada 6 November 2020.

Sejak foto Erdogan menolak berjabat tangan dengan Presiden Prancis, Macron berada di media sosial, sudah mendapat 361 like, 48 komentar, dan 43 kali dibagikan netizen.

Begini narasi dalam unggahan Mei Rianti Chan:

"Ini Baru Pemimpin Islam yang Tegas Membela Kehormatan Nabinya

Kemarin beliau Menyerukan ke Rakyat TURKI Agar Memboikot Produk" Buatan Prancis .

Sekarang , Disebuah Forum Mr Erdogan menunjukkan perlawanannya dengan cara menolak Bersalaman dengan Mercon (Presiden Prancis)

Mantap Mr Erdogan

Inilah Pemimpin yang Punya semangat Tinggi Membela Agama dan Nabinya."

Setelah ditelusuri, foto Erdogan yang menolak berjabat tangan dengan Macron adalah salah karena keduanya belum pernah bertemu baru-baru ini.

Faktanya, foto itu sudah beredar di dunia internet sejak 2018, sebelum hubungan keduanya memanas.

 

 

5 dari 6 halaman

Foto Menkes Terawan Dapat Piala dari WHO

Beredar di media sosial kabar soal Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menerima penghargaan dari WHO. Kabar ini ramai dibagikan sejak pekan lalu.

Salah satu yang membagikannya adalah akun bernama Jeffry TripleSeven di Facebook. Ia mengunggahnya pada Kamis (12/11/2020) pagi. Selain itu postingan serupa juga diunggah oleh akun bernama Satria Bagus dan Konaah.

Dalam postingannya terdapat foto dr. Terawan sedang mengangkat piala dan memegang plakat. Selain itu ia juga menambahkan narasi,

"Piala pengharga'an dari WHO untuk pak Terawan.."

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Menkes Terawan mendapat penghargaan dari WHO adalah tidak benar. Faktanya foto tersebut merupakan foto saat dia menerima penghargaan dari LEPRID tahun lalu.

Sedangkan terkait WHO, Menkes Terawan hanya diundang untuk menjadi pembicara terkait IAR Covid-19.

 

6 dari 6 halaman

Simak video pilihan berikut ini: