Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Joe Biden Pamer Kaos 2020 Ganti Presiden

Beredar foto Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden memamerkan kaos 2020 Ganti Presiden, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden memamerkan kaos bertuliskan "#2020 Ganti Presiden" beredar di media sosial.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Surya Manggala pada 8 November 2020.

Dalam foto tersebut, Joe Biden tampak memegang sebuah kaos berwarna putih. Terdapat tulisan "#2020 Ganti Presiden" dalam kaos tersebut.

"Mantap Logonya Bravo Joe Biden," tulis akun Facebook Surya Manggala.

Foto Joe Biden yang disebarkan akun Facebook Surya Manggala telah 2 kali dibagikan dan mendapat 23 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden memamerkan kaos bertuliskan "#2020 Ganti Presiden".

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat gambar serupa, namun tulisan dalam kaos bukan "#2020 Ganti Presiden".

Satu di antaranya artikel berjudul "Survey: 1 in 4 college women report unwanted sexual contact" yang dimuat situs seattletimes.com pada 21 September 2015 silam.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs seattletimes.com

Foto tersebut diambil oleh Paul Vernon, fotografer AP Photo pada 17 September 2015.

"Vice President Joe Biden holds up a shirt before speaking at an It’s On Us event on the Ohio...," demikian keterangan dalam foto tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden memamerkan kaos bertuliskan "#2020 Ganti Presiden" ternyata tidak benar.

Foto tersebut telah disunting dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai fakta sebenarnya. Konten tersebut masuk dalam kategori Palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.