Sukses

Cek Fakta: Hoaks Sepasang Dokter Italia Pilih Meninggal karena Covid-19, Simak Fakta Sesungguhnya

Channel YouTube yang mengunggah video sepasang dokter Italia memilih meninggal dunia akibat terpapar virus corona covid-19 adalah Naresh Kumar Lakhaura.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral di YouTube. Di situs tersebut ada sebuah video yang menampilkan sepasang dokter Italia memilih meninggal dunia akibat terpapar virus corona covid-19.

Channel YouTube yang mengunggah video sepasang dokter Italia memilih meninggal dunia akibat terpapar virus corona covid-19 adalah Naresh Kumar Lakhaura, yang memiliki 4,5 ribu subscriber. Begini narasi dalam bahasa Hindi yang dia buat untuk judul video itu:

"Duniya ye Jeet gayi Dil har gya. 😭😭 Italy do. Couple Corona virus".

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi

"Sepasang dokter dari Italia memutuskan mati bersama karena virus corona".

Video itu sudah berada di YouTube sejak 28 Maret 2020. Sejak saat itu, video tersebut sudah dilihat 559 ribu kali oleh warganet.

Lalu, benarkah ada sepasang dokter Italia memilih meninggal dunia akibat terpapar virus corona covid-19?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran video tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan mencarinya di pencarian gambar terbalik, Google Image. Hasil penelusuran mengarahkan ke channel YouTube Yoly.

Dari channel Yoly, video yang diunggah Naresh Kumar Lakhaura di YouTube merupakan potongan dari sebuah telenovela. Untuk narasi di channel YouTube miliknya, Yoly memberikan keterangan sebagai berikut:

"Disclaimer: Telenovela ini adalah milik Televisa dan ini hanya untuk para penggemar. Satu-satunya yang dapat mengklaim hak milik tayangan ini adalah Televisa."

Yoly sudah mengunggah video itu di YouTube pada 4 Juli 2018, dua tahun sebelum adanya pandemi virus corona covid-19. Video itu juga sudah dilihat lebih dari 400 ribu kali. Untuk melihat video aslinya dengan durasi 11 menit dan 11 detik, klik tautan ini.

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul artikel: "This video shows a scene from a Mexican television drama that aired in 2010". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 5 November 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check memastikan kalau video yang heboh itu merupakan sebuah drama televisi Meksiko yang ditayangkan pada 2010. Telenovela itu berjudul: "Triumph of Love".

Dalam adegan tersebut memperlihatkan karakter Maria Desamparada yang diperankan oleh aktris Maite Perroni, dan kekasihnya Max Sandoval yang diperankan oleh aktor William Levy.

Dalam situs IMDb, Triumph of Love dijelaskan sebagai telenovela asal Meksiko yang ditayangkan pada 2010 dan 2011. Telenovela ini bercerita tentang kisah cinta antara seorang gadis muda yang ingin menjadi model profesional dan seorang pria kaya yang bekerja di sebuah rumah mode. Mereka pun jatuh cinta.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang menampilkan sepasang dokter Italia memilih meninggal dunia akibat terpapar virus corona covid-19 adalah hoaks. Sebab, itu bukanlah kejadian di dunia nyata.

Video yang heboh itu merupakan adegan dalam telenovela asal Meksiko yang tayang pada 2010.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.