Sukses

Hoaks Legenda Musik Australia Meninggal Dunia Viral di Facebook

Sejak dua hari lalu, di Facebook ramai tagar tentang RIP Sophie Monk, tapi itu merupakan informasi hoaks yang sudah ditelan warganet.

Liputan6.com, Perth - Legenda musik Australia, Sophie Monk diserang kabar hoaks. Wanita berusia 40 tahun tersebut dikabarkan sudah meninggal dunia pada Selasa (22/9/2020).

Kabar hoaks soal Sophie Monk sudah meninggal dunia sangat viral di Facebook. Bahkan, kabar bohong ini mendapat hampir 1 juta like oleh netizen.

Sophie Monk yang aktif di dunia musik Australia sejak 1999 membantahnya melalui sambungan telepon di acara KIIS FM. Dia memberikan konfirmasi kepada dua pembawa acara tersebut. Kyle Sandilands dan Jackie O Henderson

"Hy Sophie, ini Kyle dan Jackie O, kami menghubungi Anda untuk bukti adanya kehidupan," kata Kyle dalam acara tersebut.

Selanjutnya, legenda musik kelahiran 14 December 1979 itu membantah kabar viral di Facebook. "Saya sudah melakukan survei, sebanyak 75 persen orang mengatakan mereka menikmati kabar hoaks kematian saya," ujar Sophie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantahan di Instagram

Sophie juga memberikan bantahan mengenai kabar hoaks itu melalui akun Instagram pribadinya. Dia memastikan masih bisa menghirup udara segar di Australia.

"Tahun 2020 sulit, tapi saya masih di sini," kicaunya di Instagram Stories dengan emoji tertawa.

Sejak dua hari lalu, di Facebook ramai tagar tentang RIP Sophie Monk. Namun, postingan yang menyebut wanita kelahiran London sudah meninggal dunia telah hilang dari Facebook.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini