Sukses

5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar 5 cara menghilangkan sakit gigi di media sosial. Informasi ini satu di antaranya disebarkan akun Facebook Deva's Putriani pada 12 November 2018 lalu.

Akun Facebook Deva's Putriani mengunggah cara menghilangkan sakit gigi. Di antaranya menggunakan es batu hingga bawang merah.

Berikut narasinya:

Jika sakit gigi sudah kambuh rasa sakitnya bisa sampai ke ubun-ubun. Banyak hal yang tidak bisa kita lakukan saat sakit gigi. Mulai dari susah makan, tidak bisa tidur, hingga melakukan aktivitas tertentu karena badan lemas..

Banya cara dilakukan untuk menghilangkan rasa sakitnya ini mulai dari berkumur dengan air garam, minum obat, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa cara untuk menghilangkan sakit gigi dengan cepat :

Es Batu..

Meletakan es batu pada area sakit gigi akan meredakan sakit dengan segera, rasa dingin dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga rasa sakit berkurang..

Bawang Putih..

Bawang putih adalah antibiotik alami yang dapat melawan infeksi. Haluskan sepotong bawang putih tambahkan garam letakan di area gigi yang sakit..

Minyak Cengkeh..

Rendam kapas pada minyak cengkeh lalu gigit kan pada area gigi yang sakit..

Jahe.

Minum wedang jahe sekaligus berkumur ternyata juga bisa merendam rasa sakit pada gigi..

Bawang Merah..

Potong bawang merah menjadi dua bagian lalu gigit kan pada area yang sakit usahakan airnya masuk ke dalam gigi yang sakit..

Itulah beberapa bahan yang dapat menyembuhkan sakit gigi silahkan dicoba semoga bermanfaat.

 

2 dari 3 halaman

Penjelasan Dokter Gigi

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim lima cara menghilangkan sakit gigi. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter gigi, drg. Callista Argentina Wulansari.

drg Callista mengungkapkan bahwa es batu, bawang putih, minyak cengkeh, jahe, dan bawang cukup ampuh mengatasi sakit gigi.

Es batu, misalnya, terbukti menurunkan rasa sakit hingga 50 persen bahkan lebih terutama sakit gigi akibat trauma.

"Sedangkan bawang putih mempunyai zat allicin yang mempunyai efek anti bakteri yang bisa menekan laju pertumbuhan bakteri," kata drg Callista kepada Liputan6.com, Rabu (23/9/2020).

drg Callista menambahkan, minyak cengkeh juga punya efek seperti obat bius dan bisa meredakan sakit.

"Sedangkan jahet, selama bertahun-tahun dipercaya bisa meredakan sakit gigi, dan radang gusi," ucap drg Callista.

Terakhir, sambung dia, bawang merah lebih tepatnya bawang bombai punya efek anti bakteri dan antiseptik. Selain membunuh bakteri, bawang bombai juga bisa meredakan sakit.

"Selain itu juga mengandung zat antioksidan disebut Flavonoids Quercetin yang juga membantu meredakan sakit gigi. bawang bombai juga mengandung vitamin C sehingga bisa menguatkan dan menyehatkan gusi. Kalau tidak bisa mengunyah bawang bombai, bisa ditaruh saja potongan kecil bawang di gigi atau gusi yang sakit," tutur drg Callista.

 

(Arazanses Vicoristen Sinaga)

 

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: