Sukses

6 Fakta dan Mitos tentang Tertawa

Liputan6.com, Jakarta- Tertawa merupakan aktivitas yang pernah dilakukan hampir setiap manusia yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, lebih penting tertawa merupakan hal gratis yang bisa menciptakan kebahagiaan dan kesehatan.

Di balik tertawa pun muncul informasi seputar khasiat tertawa yang beredar baik di dunia maya atau nyata. Namun, tidak semua informasi khasiat tertawa tersebut benar.

Dikutip dari Liputan6.com, berikut 6 fakta dan mitos tentang tertawa:

1. Tertawa dapat membuat seluruh tubuh rileks

Fakta! Otot tubuh kita akan lebih rileks, setelah itu denyut nadi dan tekanan darah meningkat, kitabernafas lebih cepat dan mengirimkan oksigen lebih ke jaringan dalam tubuh.

2. Tertawa menghasilkan hormon dopamin

Mitos! Faktanya, tertawa melepaskan hormon endorfin, hormon yang dihasilkan ketika kamu merasa senang dan menstimulasi rasa bahagia di otak. Hormon endorfin ini juga dapat menghilangkan rasa sakit yang dialami tubuh. Ketika tubuh mengeluarkan hormon endorfin,kamu akan merasa lebih rileks dan mampu mengontrol emosi.

3. Tertawa dapat meningkatkan sistem imun

Fakta!Tertawa dapat menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel imun dan antibodi untuk melawan infeksi dan meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit.

4. Tertawa dapat meningkatkan tekanan darah

Mitos! Faktanya, tertawa dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat membantu melindungi Anda dari stroke dan masalah jantung. Studi menunjukkan tertawa dapat menurun kantekanan darah hingga 7 mmHg.

5. Tertawa dapat membakar kalori

Fakta! Studi dari Universitas Vanderbilt menunjukkan 10-15 menit tertawa dapat membakar 50 kalori dalam tubuh. Studi dari International Journal of Obesity juga menemukan temuan yang sama bahwa orang yang sering tertawa lebih membakar kalori dibanding orang yang tidak atau jarang tertawa.   

6. Tertawa tidak dapat membentuk otot perut

Mitos! Faktanya, tertawa dapat membentuk otot perut karena akan ikut tertarik dan berkontraksi. Namun, kamu tetap harus memiliki gaya hidup sehat dan berolahraga ya untuk membentuk otot secara maksimal.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.