Sukses

Hoaks Lowongan Kerja dan Sekolah Kedinasan Terbaru

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks terkait lowongan kerja masih bertebaran baik di dunia nyata dan maya, bentuknya pun berbagai macam dari surat hingga pengumuman di media sosial.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah melakukan penelusuran mengenai informasi lowongan kerja, dengan hasil kesimpulan hoaks.

Berikut informasi lowongan kerja, dengan hasil kesimpulan hoaks:

1. Surat Panggilan Calon Karyawan PT Pertamina DIY dan Surakarta

Beredar kabar surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta.

Dalam surat tersebut dinyatakan PT Pertamina akan melakukan tes seleksi calon karyawan pada Sabtu dan Minggu, 29-30 Agustus 2020 mendatang. Tes diadakan di Kantor Pertamina Marketing Branch DIY& Surakarta di Yogyakarta.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Surat panggilan dari PT Pertamina untuk daerah DIY dan Surakarta adalah tidak benar. PT Pertamina selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi dan juga website recruitment.pertamina.com.

2. Lowongan Pekerjaan di RSUD Pasar Rebo

Beredar di media sosial dan aplikasi percakapan lowongan di RSUD Pasar Rebo, DKI Jakarta.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, lowongan di RSUD Pasar Rebo DKI Jakarta adalah hoaks.

Kepala Humas dan Pemasaran RSUD Pasar Rebo, Unjuk Kita Merda mengatakan, info lowongan tersebut tidak benar atau hoaks. Informasi hoaks soal lowongan kerja tersebut sebelumnya pernah ada pada 2019.

3. Surat Panggilan Kerja Jadi Karyawan Garuda Indonesia

Beredar email panggilan interview untuk menjadi karyawan Garuda Indonesia di media sosial. Sejumlah netizen mendapat kiriman email panggilan kerja yang mengatasnamakan Garuda Indonesia.

Hasul penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, email panggilan interview kerja karyawan PT Garuda Indonesia. Sebab, Garuda Indonesia saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

4. Surat Penerimaan Calon Taruna Poltekip dan Poltekim

Foto surat berisi penerimaan calon taruna Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Catar) Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 Melalui Jalur Kebijakan beredar di media sosial. Surat ini viral lewat aplikasi percakapan WhatsApp sejak 9 September 2020.

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto surat berisi penerimaan calon taruna Penerimaan Calon Taruna/Taruni Poltekip dan Poltekim Kementerian Hukum dan HAM tahun 2020 Melalui Jalur Kebijakan ternyata tidak benar alias hoaks.

Kementerian PANRB tidak pernah mengeluarkan surat penetapan hasil seleksi Catar Poltekip dan Poltekim melalui Jalur kebijakan tersebut.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.