Sukses

Cek Fakta: Hoaks Panggilan Kerja Jadi Karyawan Garuda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial heboh dengan email panggilan interview untuk menjadi karyawan Garuda Indonesia. Sejumlah netizen mendapat kiriman email panggilan kerja yang mengatasnamakan Garuda Indonesia.

Seperti yang diunggah Dicky Gumilang. Dia mempertanyakan keaslian undangan interview tersebut dengan mengunduh file dalam bentuk PDF yang isinya surat panggilan keja atas nama Garuda Indonesia.

"Surat panggilan tes interview calon karyawan PT Garuda Indonesia (Persero)," begitu judul yang ada di file PDF.

Lalu, benarkah Garuda Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan dan mengirim surat panggilan melalui sebuah email?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan kebenarannya, Tim Cek Fakta Liputan6.com mengunjungi laman resmi PT Garuda Indonesia. Selanjutnya, tim membuka informasi tentang karier.

Dari sana, tim mendapat bantahan dari Garuda Indonesia. Mereka memastikan panggilan kerja dari email adalah palsu.

"Waspada penipuan! Rekrutmen calon pegawai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk."

"Seluruh informasi resmi terkait dengan kesempatan karir di Garuda Indonesia hanya dapat diakses melalui website karir perusahaan."

Munculnya penipuan mencatut nama Garuda Indonesia, mereka pun membuat pengumuman di postingan Instastory. Mereka memastikan panggilan kerja yang beredar di media sosial itu hoaks.

 

Sementara itu, dikutip dari Turnbackhoax.id, informasi dalam surat elektronik tersebut salah, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dengan penjelasan dari PT Garuda Indonesia, lowongan kerja yang beredar di surat elektronik bisa dipastikan hoaks. Sebab, Garuda Indonesia saat ini tidak sedang membuka seleksi karyawan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.