Sukses

Cek Fakta: Jabat Tangan dengan Presiden Jokowi, Ridwan Saidi Dapat Penghargaan?

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan foto yang sedang viral di media sosial Facebook. Foto tersebut menggambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi, budayawan Betawi.

Akun yang mengunggah foto Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi adalah Wawan Darmawan. Di foto itu terdapat narasi sebagai berikut:

"SIBUK MENGHITUNG DOSA PAK JOKOWI, MALAH DIBALAS DENGAN PEMBERIAN PENGHARGAAN. ITULAH AKHLAK SEORANG PRESIDEN JOKOWI".

Unggahan tersebut mendapat banyak respons dari warga Facebook, yakni 10 like dan 23 komentar. Wawan Darmawan mengunggah foto tersebut ke grup Facebook, Indonesia Bersuara pada 6 September 2020.

Lalu, benarkah Presiden Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi?

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran unggahan Wawan Darmawan dengan memasukkan foto tersebut ke mesin pencari, Google Image. Hasilnya, tim menemukan sesuatu yang menarik.

 

Foto itu milik Antarafoto.com yang dijepret oleh Wahyu Putro A, pada 15 Agustus 2019 di Istana Negara Jakarta. Namun, di dalam foto, orang yang mendapat penghargaan dari Jokowi bukanlah Ridwan Saidi.

Orang yang terlihat berjabat tangan dengan Jokowi adalah Harifin Andi Tumpa, Ketua Mahkamah Agung periode 2009-2012. Harifin Andi Tumpa mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama.

 

Melalui penelusuran lebih lanjut, seperti dikutip dari Turnbackhoax.id, penghargaan yang pernah diraih oleh Ridwan Saidi kisaran tahun 1971 hingga terakhir 2008. Berikut beberapa penghargaan kepada Ridwan Saidi yang dilansir dari merdeka.com:

Karya Penerbitan Ridwan Saidi:

Golkar Pascapemilu 1992, 1993

Anak Betawi Diburu Intel Yahudi, 1996

Profil Orang Betawi: Asal muasal, kebudayaan, dan adat istiadatnya, 1997

Status Piagam Jakarta: Tinjauan hukum dan sejarah, 2007

Fakta dan Data Yahudi di Indonesia, 2008

Kegiatan Lain:

White House Conference on Youth, Colorado, Amerika Serikat, 1971

Australia-Indonesia Dialogue, Canberra, Australia, 1981

International Parliament Union Conference, Manila, Filipina, 1982

ASEAN Parliament Conference, Singapura, 1983

Muktamar Rakyat Islam se-Dunia, Irak, 1993

Babylonian Cultural Festival, Irak, 1994 […]

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut Jokowi memberikan penghargaan kepada Ridwan Saidi merupakan hasil suntingan. Aslinya, orang yang menerima penghargaan dari Jokowi adalah Harifin Andi Tumpa, Ketua Mahkamah Agung periode 2009-2012.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.