Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kartun The Simpsons Ramal Kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020

Beredar kabar kartun The Simpsons meramalkan kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang kartun The Simpsons meramalkan kematian Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 27 Agustus 2020 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Kelvin Feriandi pada 27 Agustus 2020.

Akun Facebook Kelvin Feriandi mengunggah sebuah gambar kartun The Simpsons dengan karakter Presiden Donald Trump yang tengah melambaikan tangan. Dalam gambar tersebut terdapat narasi sebagai berikut:

Hari ini adalah hari bersejarah, menurut ramalan kartun The Simpsons Presiden Amerika Donald Trump akan meninggal pada hari ini tepatnya 27 Agustus 2020.

"Kita pantau gengs :," tulis akun Facebook Kelvin Feriandi.

Konten yang disebarkan akun Facebook Kelvin Feriandi telah 101 kali dibagikan dan mendapat 681 komentar warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang kartun The Simpsons meramalkan kematian Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 27 Agustus 2020. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "The Simpsons donald predict trump death".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "The Simpsons has not predicted Donald Trump’s death despite viral Twitter claims" yang dimuat situs metro.co.uk pada 27 Agustus 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa kabar tentang The Simpsons memprediksi kematian Donald Trump berawal dari gambar yang beredar di media sosial.

Adalah gambar kartun karakter Donald Trump yang tengah terbaring di atas peti mati. Namun gambar tersebut telah dimanipulasi. Meski terbukti palsu, banyak pengguna media online yang tampaknya masih ingin mempercayai teori konspirasi tersebut.

Situs distractify.com juga menjelaskan bahwa kabar The Simpsons meramalkan kematian Donald Trump adalah tidak benar. Berdasarkan artikel berjudul "Fact Check: 'The Simpsons' Never Killed off Donald Trump", disebutkan bahwa The Simpsons tidak memprediksi kematian Trump.

Gambar yang diedarkan itu palsu. Meskipun watermark bertuliskan nama The Huffington Post, gambar Trump di peti mati tidak berasal dari pengumpul berita.

Menurut video dari saluran YouTube Meksiko populer "Badabun," gambar yang tampak asli pertama kali muncul di utas di situs kontroversial 4chan. Penciptanya tidak diketahui.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang kartun The Simpsosn meramalkan kematian Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 27 Agustus 2020 ternyata tidak benar. Kartun The Simpsons tidak pernah memprediksi kematian Donald Trump pada 27 Agustus 2020. Gambar kartun karakter Donald Trump yang tengah terbaring di atas peti mati ternyata palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.