Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Piramida Agung Giza Tampilkan Bendera Lebanon

Foto yang diklaim Piramida Agung Giza di Mesir menampilkan bendera Lebanon, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Foto yang diklaim Piramida Agung Giza di Mesir menampilkan bendera Lebanon beredar di media sosial. Foto ini disebarkan akun Facebook Islam News Update pada 5 Agustus 2020 lalu.

Dalam foto tersebut, tampak Piramida Agung Giza menampilkan cahaya dengan desain bendera Lebanon. Foto tersebut diambil pada malam hari.

"Bersama dalam Solidaritas Dengan Lebanon 🇱🇧

@burjkhalifa terletak di Dubai 🇦🇪 menyalakan gedung tertinggi di dunia dengan warna bendera Lebanon.

Piramida Giza, salah satu keajaiban tertua dunia yang terletak di Mesir 🇪🇬, menyala dengan warna-warna bendera Lebanon dalam solidaritas.

#prayforlebanon #Dubai #Egypt #TogetherforLebanon #Lebanon," tulis akun Facebook Islam News Update.

Foto yang diklaim Piramida Agung Giza di Mesir menampilkan bendera Lebanon telah 28 kali dibagikan oleh warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Piramida Agung Giza di Mesir menampilkan bendera Lebanon. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "pyramid giza lebanon flag".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "This photo of pyramids in Egypt has been doctored to include the Lebanese flag" yang dimuat situs factcheck.afp.com pada 11 Agustus 2020 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa foto Piramida Giza yang menampilkan bendera Lebanon juga viral di negara-negara lain. Namun setelah ditelusuri, ditemukan gambar serupa ini yang akun Facebook resmi milik Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir pada 19 April 2020.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs factcheck.afp.com

Ini menunjukkan dua piramida yang sama menyala dengan cahaya biru keunguan. Kata-kata "PENGALAMAN MESIR SEGERA" dapat dilihat diproyeksikan ke piramida di sisi depannya.

Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir juga membantah klaim tentang Piramida Giza menampilkan bendera Lebanon setelah ledakan di Beirut.

"Berita ini tidak benar," kata seorang sumber di kementerian kepada jurnalis di biro AFP Kairo melalui panggilan telepon.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Piramida Agung Giza di Mesir menampilkan bendera Lebanon ternyata tidak benar. Foto tersebut telah dibantah pihak Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini