Sukses

Cek Fakta: Disinformasi Nama Ibu Erick Thohir Bukan Ediba Tan Mei Hwa

Liputan6.com, Jakarta - Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang menyebut Menteri BUMN, Erick Thohir sedang berpose bersama ibunya. Foto wanita yang berada di tengah-tengah tersebut disebut mempunyai nama Ediba Tan Mei Hwa.

Postingan yang menyebut ibu Erick Thohir orang Tiongkok bernama Ediba Tan Mei Hwa diunggah oleh akun Facebook atas nama Satya Nur Hayati. Berikut narasi lengkapnya:

 

"Eric Tohir berpoto dg ibunya. Ediba Tan Mei Hwa dan kakak ibunya Wiliam Suryajaya. Jadi mereka itu tiongkok. Jangan terkecoh dg nama Eric Tohir dikira Pribumi Muslim?

Ini bukti banyak etnis tiongkok yg diberi jabatan strategis.

Sampai disini FAHAM KAN?"

Benarkah itu foto dari ibu Erick Thohir yang bernama Ediba Tan Mei Hwa?

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim memasukan foto unggahan Satya Nur Hayati ke mesin pencari, Google Images.

 

Tim pun mendapati foto yang sama dari mesin pencari tersebut. Tim juga menemukan artikel yang menggunakan foto tersebut. Artikel itu dimuat oleh republika pada 1 November 2016 dengan judul: 'Inter Milan Berkabung untuk Teddy Thohir'.

Disebutkan dalam caption foto, Erick Thohir bersama ibundanya Edna Thohir dan ayahnya Mochamad Teddy Thohir. Disebutkan ayah Erick Thohir lahir pada 5 Maret 1935.

Foto yang beredar di Facebook unggahan Satya Nur Hayati dimuat di republika untuk membahas ayah Erick Thohir yang meninggal dunia pada 1 November 2016.

Sementara ibu Erick Thohir dalam artikel berjudul: 'Kisah Thohir dari Gunung Sugih', adalah seorang gadis Tionghoa bernama Edna, rekan kerja ayahnya di sebuah rumah sakit di Jakarta. Edna seorang perawat.

Jalinan cinta itu tak direstui kedua orangtua Edna, yang berasal dari Kadipaten, Majalengka. Teddy pun pulang kampung untuk menata hati. Diam-diam Edna menyusul dan mereka menikah secara Islam.

Setelah itu mereka kembali ke Jakarta dan meniti hidup dari bawah, hingga memiliki satu anak, Rika. Saat itulah kedua orangtua Edna datang.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Erick Thohir berfoto bersama ibunya yang bernama Ediba Tan Mei Hwa dan kakak ibunya Wiliam Suryajaya adalah salah. Yang benar, ibu dari Erick Thohir adalah Edna, gadis Tionghoa yang menikah dengan Teddy Thohir secara Islam.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.