Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Jokowi Siap Memimpin Tiga Periode

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang Jokowi siap memimpin tiga periode beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Afrizal pada 29 Juli 2020.

Akun Facebook Afrizal mengunggah foto Jokowi. Dalam foto itu, Jokowi tampak mengenakan batik lengan panjang berwarna coklat.

Jokowi tampak mengangkat tiga jarinya sambil melempar senyum. Dalam foto itu, terdapat narasi sebagai berikut:

"Kalian Siap saya Pimpin Tiga Periode".

Konten yang diunggah akun Facebook Afrizal telah 4 kali dibagkan dan mendapat 107 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Jokowi siap memimpin tiga periode. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang juga memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Hadiri Paripurna di DPRD, Jokowi Disambut Salam Tiga Jari" yang dimuat situs kompas.com pada 23 Juli 2014 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Situs kompas.com

Dalam foto yang dimuat artikel tersebut, Jokowi tampak mengangkat tiga jarinya bersama dengan Jusuf Kalla. Keduanya mengenakan kemeja batik lengan panjang.

Dalam foto karya Rederick Adrian Mozes itu terdapat keterangan sebagai berikut:

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) melambaikan salam tiga jari usai memberikan pidato kemenangan, di sebuah kapal pinisi di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Selasa (22/7/2014). Berdasarkan rekapitulasi suara yang dihitung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-JK unggul di Pilpres 2014 atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Jokowi siap memimpin tiga periode ternyata tidak benar. Foto yang digunakan sebagai klaim tidak ada kaitannya dengan periode ketiga kepemimpinan Jokowi sebagai presiden.

Foto tersebut diambil usai Jokowi dan JK memberikan pidato kemenangan di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara setelah dinyatakan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Pilpres 2014 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.