Sukses

Tips Membedakan Video Hoax atau Fakta

Beragam informasi bertebaran melalui media sosial, salah satunya berbentuk video.

Liputan6.com, Jakarta Beragam informasi bertebaran melalui media sosial, salah satunya berbentuk video. Namun, kita harus jeli membedakan yang benar dan hoaxAgar tidak ikut terjebak sebagai penyebar hoaks yang bisa jadi mendatangkan masalah pada diri sendiri.

Video hoax biasanya membuat klip lama jadi seolah-olah sebuah klip baru. Pembuatnya menggunakan imaji - imaji atau rekaman yang pas dalam konteks yang berbeda.

Secara teknis saat ini menjadi semakin mudah untuk memalsukan sebuah video disaat yang sama, menjadi semakin sulit untuk mengetahui video palsu. Dengan bantuan software tertentu sudah dimungkinkan untuk meniru ekspresi wajah seseorang, gestur juga suara.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui keaslian dari sebuah video? Adakah cara agar kita tahu video yang viral itu asli atau hanya hoaks saja? Berikut tips yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian sebuah video.

1. Mencari informasi tentang video yang diunggah.

2. Gunakan kata kunci untuk melakukan pencarian atas video tersebut, mungkin ada beberapa versi dari video itu yang memberikan informasi berbeda.

3. Mengamati komentar video yang di unggah, di kolom komentar terkadang ada informasi yang diberikan penonton video tersebut.

4. Mengamati video dengan kritis dan memeriksa semua fakta, bisa saja video itu adalah bagian dari sebuah permainan politik.

  (Arazanses Vicoristen Sinaga)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini