Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surat Pemanggilan Tes Calon Karyawan Pertamina

Liputan6.com, Jakarta- Beredar surat pemanggilan tes calon karyawan PT Pertamina (Persero), yang meminta biaya akomodasi ke peserta.

Dengan konsep sebagai berikut:

0019998123/SK/SDM/PTPR/2020                                                                                                                              JAKARTA 11 Juli 2020

Perihal: Surat Panggilan Test Calon Karyawan (i) PT Pertamina (persero)

       Di.

         T e m p a t

Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima,Dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang telah ditentukanPanitia seleksi Recruitment karyawan (i) PT PertaminaDiharapkan kehadiran Saudara untuk mengikuti Tes seleksi Wawancara yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Selasa 14 Juli 2020 (dua hari)

Waktu : Pkl. 09.00 (Harap Hadir 45 Menit Sebelum Dimulai Untuk Registrasi)

Tempat : Gedung Perwira 6 Lantai 2 Jl. Medan Merdeka Timur 1A,Jakarta Pusat 10110

Tanda pengenal Saudara untuk dapat mengikuti seleksi wawancara ini adalah dengan membawa bukti :

1. Surat Panggilan Test Wawancara

2. K T P / (Kartu Identitas Diri) asli untuk ditunjukkan

3. Pas fhoto terbaru (berwarna) ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar.

4. Berkas yang dibawa / dilengkapi pada saat Pengiriman lamaran untuk diserahkan kepada petugas HR Kami,Apabilapada pelaksanaan tes masih terdapat berkas yang belum dilengkapi maka peserta dinyatakan gugur.Apabila Saudara dinyatakan lulus dalam proses wawancara (akan disampaikan melalui email),maka keesokanharinyadan langsung mengikuti Tes Kesehatan(Laboratorium & Kebugaran) yang jadwal dan lokasinya akan kamiE-mail kepada Kandidat yang lulus saja.

Yang perlu diperhatikan untuk Tes Kesehatan, Laboratorium dan Kebugaran:

1. Puasa satu hari sebelum pelaksanaan (H-1) mulai pukul 22.00 wib (kecuali air putih),

2. Tidak diperkenankan merokok & makan permen karet

3. Membawa sedikit faeces/tinja di tempat yang kering dan bersih

4. Membawa pakaian & sepatu olah raga untuk pemeriksaan kebugaran Sebelum tes hindariAktifitas fisik yang melelahkan

5. Tidak diperkenankan menggunakan contact lens selama melakukan Tes Kesehatan.Tanda pengenal Saudara untuk dapat mengikuti seleksi Test Kesehatan,Laboratorium dan Kebugaran ini Adalah dengan Membawa bukti :

a. Surat Panggilan Tes Kesehatan, Laboratorium dan Kebugaran(Print Out).

b. K T P / (Kartu Identitas Diri) asli dan foto copy 1 Lembar

c. Pas fhoto terbaru (berwarna) ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar.

Surat panggilan ini bukan merupakan suatu ikatan dalam bentuk apapun antara saudara dengan pertamina danBukan merupakan bukti bahwa saudara telah diterima menjadi pekerja Pertamina.untuk konfirmasi kehadiran,Saudara wajib me-reply sms dengan subject::#PERTAMINA#NAMA#HADIR#TIDAK#KE: 085351081717

Demikian untuk diketahui dan atas perhatian Saudara diucapkan terima kasih

KOESHARTANTO Direktur SDM PT.Pertamina(persero).

Pada lembar kedua, terdapat daftar nema peserta tes dan lembat ketiga terdapat ketentuan bagi peserta tes salah satunya pengenaan biaya akomodasi.

Benarkah surat pemanggilan tes calon karyawan Pertamina yang meminta biaya akomodasi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim surat pemanggilan tes calon karyawan Pertamina yang meminta biaya akomodasi, dengan menghubungi pihak Pertamina.

Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, surat tersebut tidak pernah dikeluarkan secara resmi oleh Pertamina. Dia pun memastikan surat tersebut adalah hoaks.

"Itu hoax," kata Fajriyah saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Fajriyah, dilihat dari kepala surat tersebut sudah menunjukan kepalsuan, tidak dikeluarkan secara resmi oleh Pertamina.

"Ya itu kop surat dan sebagainya bukan punya Pertamina," tutur Fajriyah.

Fajriyah pun mengimbauan masyarakat agar berhati-hati, tidak mudah percaya dan waspada terhadap penipuan tes calon pegawai Pertamina.

"Sudah sering kami sampaikan soal hoax ini," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim surat pemanggilan tes calon karyawan Pertamina yang meminta biaya akomodasi hoaks. Surat tersebut tidak pernah dikeluarkan Pertamina dan mengarah pada penipuan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.