Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Kompas TV Tak Menyiarkan Demo Menolak RUU HIP

Liputan6.com, Jakarta- Beredar kabar Kompas TV tidak menyiarkan aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP). Namun, melakukan siaran langsung saat demonstrasi atas pembakaran bendera PDIP.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Sholeh Utsaimin berupa tangkapan layar unggahan akun Twitter @AnginLA, berikut isinya:

"Koplak Kompas TV!! Demo tolak HIP ga disiarkan

giliran demo PDIP mereka live.

viralkan supaya rakyat tahu bahwa ternyata Kompas TV di barisan Neo PKI."

Akun Facebook Sholeh Utsaimin mengunggah tangkapan layar, pada 26 Juni 2020. Unggahan tersebut telah mendapat sembilan komentar dan dibagikan 1.000 kali.

Benarkah Kompas TV tidak menyiarkan demo menolak RUU HIP? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Kompas TV tidak menyiarkan demo menolak RUU HIP menggunakan Google Search dengan kata kunci 'kompas tv demo hip'.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Update Terkini Demo Tolak RUU HIP di Depan Gedung MPR/DPR" yang dimuat situs kompas.tv, pada 24 Juni 2020.

Artikel tersebut menampilkan tayang video jurnalis Kompas TV yang sedang melakukan siaran langsung laporan kondisi demo menolak RUU HIP di depan Gedung DPR MPR Jakarta, pada 24 Juni 2020.

Penelusuran klaim Kompas TV tidak menyiarkan demo menolak RUU HIP

 

 

Berikut keterangan video tersebut:

Massa dari sejumlah ormas menggelar aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) di depan gedung DPR, Jakarta, sejak pukul 1 siang tadi (24/6/2020).

Massa demonstrasi ini terdiri dari gabungan masa aksi persaudaraan Alumni 212 dan sejumlah massa dari ormas Islam lainnya yang telah berkumpul sejak pukul 12 siang tadi.

Mereka menolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila dan meminta agar RUU ini ditarik dari Prolegnas.

Perwakilan pengunjuk rasa kini sudah diterima oleh DPR.

Jurnalis Kompas TV menjelaskan update situasi terkini terkait massa yang demo di depan Gedung DPR/MPR saat ini sudah mulai membubarkan diri.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tidak benar Kompas TV tidak menyiarkan demo menolak RUU HIP.

Hasil penelusuran terdapat tayang video jurnalis Kompas TV yang sedang melakukan siaran langsung laporan kondisi demo menolak RUU HIP di depan Gedung DPR MPR Jakarta, pada 24 Juni 2020.

4 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.