Sukses

Cek Fakta: Video Pria Gemuk Bermain Bola Bukan Legenda Sepak Bola Diego Maradona

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria gemuk yang tengah bermain bola beredar di media sosial. Video tersebut dikaitkan dengan penampilan terbaru legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona usai karantina wilayah atau lockdown akibat virus corona COVID-19.

Adalah akun Facebook Dominic De-lima yang mengunggah video berdurasi 23 detik itu pada 4 Juni 2020 lalu.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria gemuk yang tengah bermain dengan bola tenis di sebuah lapangan. Pria itu tampak lihai menendang bola kecil itu dengan kakinya.

"Maradona After lockdown .... HAHAHA," tulis akun Facebook Dominic De-lima.

Video yang disebarkan akun Facebook Dominic De-lima telah ditonton beberapa kali dan mendapat 17 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video pria gemuk yang diklaim sebagai legenda sepak bola asal Argentina, Maradona. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar video tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan siapa sosok pria gemuk tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "The obese person playing with the ball in the video is not the real Diego Maradona" yang dimuat situs factly.id pada 3 Juni 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa pria gemuk yang tengah bermain bola ternyata bukan Diego Maradona. Ketika tangkapan layar video dijalankan melalui Google Reverse Image Search, video serupa ditemukan di hasil pencarian. Itu diposting pada 2015 dengan judul - 'Pemuda (2015) dir: Paolo Sorrentino'. ‘Youth’ adalah film Italia yang disutradarai oleh Paolo Sorrentino dan dirilis pada 2015.

Singkatnya, orang gemuk yang menendang bola di video bukanlah Diego Maradona yang asli. Adalah Roly Serrano yang memerankan tokoh Diego Maradona dalam film Italia.

Liputan6.com juga menemukan video identik di situs berbagi video YouTube. Video tersebut diunggah oleh Channel YouTube Tube 2000 pada 2016 silam.

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Tube 2000

"Maradona PELICULA Juventud interpretado por Roly Serrano HD," tulis Channel YouTube Tube 2000.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang memperlihatkan seorang pria gemuk yang tengah bermain bola ternyata bukan legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona.

Pria tersebut adalah Paolo Sorrentino, seorang aktor yang berperan sebagai Diego Maradona dalam film yang tayang di Italia.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.