Sukses

[Cek Fakta] Pria Ini Kena Azab Setelah Menghina Alquran, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seorang pria yang terkena azab karena menghina dan mengencingi Alquran viral di media sosial.

Kabar ini beredar dalam sebuah gambar yang diunggah akun Facebook Afril Acsel pada 16 november 2019 lalu. Dalam gambar tersebut, terlihat seorang pria yang berpenampilan tak biasa. Lidahnya panjang dan di bagian dadanya terdapat banyak darah.

Dalam gambar tersebut juga terdapat sebuah narasi yang mengaitkan bahwa pria tersebut terkena azab setelah menghina dan mengencingi Alquran.

Berikut narasinya:

Orang ini telah meludahi al_Qur’an dan Mengencingi al_Qur’an..Dan inilah azab dari allah s.w.t.tolong bagikan dan jangan sampai berhenti di postingan anda,Biar orang yg suka menghina al_Qur’an tauu kalo azab allah s.w.t itu nyata !”

Selain itu akun facebook Afril Acsel juga menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Tolong di sebar kan... Ini azab untuk orang yang menghina alquran dan meludahi al qur an.. Jangan berhenti di anda," tulis akun facebook Afril Acsel.

Konten yang diunggah Afril Acsel telah 73 kali dibagikan dan mendapat 5 komentar warganet.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang seorang pria yang terkena azab karena menghina dan mengencingi Alquran ternyata tidak benar.

Informasi ini dikutip dari situs turnbackhoax.id dengan judul artikel [HOAX] “Orang ini telah meludahi al_Qur’an dan Mengencingi al_Qur’an”.

NARASI

“#naudzubillah mindzalik..Orang ini telah meludahi al_Qur’an dan Mengencingi al_Qur’an..Dan inilah azab dari allah s.w.t.tolong bagikan dan jangan sampai berhenti di postingan anda,Biar orang yg suka menghina al_Qur’an tauu kalo azab allah s.w.t itu nyata !”

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota.

(2) https://goo.gl/RfxnLG, sudah dibagikan 96.636 kali ketika tangkapan layar dibuat.

(3) https://goo.gl/XkKdHN, akun-akun yang membagikan.

PENJELASAN

Foto yang digunakan untuk bahan hoax adalah orang yang sedang mengenakan kostum.

REFERENSI

(1) https://goo.gl/VDqENR, The Vacation Times: “9 Best Halloween Celebrations Worldwide for Adults”..(2) https://goo.gl/vWjnsy, Oddee: “8 Cool Interactive Horror Experiences…8 Haunted Hoochie at Dead Acres – Pataskala, OHWith over 500,000 square feet of space, Ohio’s Haunted Hoochie has plenty of exciting surprises at every turn. Treats include shooting demons with paintball guns, being attacked by a man with a chainsaw, getting picked up and thrown over the shoulder of an abductor and witnessing the birth of a demon baby.Source”.

CATATAN

Sumber hoax di poin (2) bagian SUMBER sudah menghapus fotonya, tetapi tulisannya identik.

Selain itu, gambar tersebut merupakan gambar seorang pria yang tengah mengenakan kostum hallowen. Foto itu berasal dari situs thevacationtimes.com dengan judul artikel "9 Best Halloween Celebrations Worldwide for Adults".

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Tak ada bukti yang mengugatkan bahwa orang di dalam gambar yang diunggah akun facebook Afril Acsel terkena azab.

Foto yang digunakan untuk bahan hoaks adalah orang yang sedang mengenakan kostum hallowen. Narasi yang disampaikan Afril Acsel tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Ibu dengan Puting Datar, ASI Sulit Keluar?