Sukses

[Cek Fakta] Pose Dua Jari Maher Zain Tak Terkait Pilpres

Liputan6.com, Jakarta - Foto penyanyi Maher Zain menjadi perbincangan di media sosial, khususnya di Indonesia. Sebab, foto penyanyi yang lahir di Lebanon ini tengah berpose dua jari.

Dalam foto yang viral itu, Maher Zain tampak mengenakan kupluk. Di sebelahnya tampak seorang laki-laki mengenakan kemeja. Sambil tersenyum Maher Zain dan pria tersebut terlihat mengacungkan dua jarinya. Pose dua jari mereka identik dengan simbol salah satu pasangan calon peserta Pilpres 2019.

Foto ini diunggah oleh akun facebook Mastolib pada 22 Januari 2019 lalu. Mastolib juga menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Saudara saudara muslim di belahan dunia arab sangat memantau pilpres tahun ini berharap menghasilkan pemimpin yg membawa bangkitnya dunia islam. Salam 👆 dari MAHER ZAIN ❤," tulis Mastolib.

Konten ini mendapat 43 komentar dan telah 2.984 kali dibagikan warganet.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, ternyata foto Maher Zain yang berpose mengangkat dua jarinya itu sama sekali tidak berkaitan dengan Pilpres 2019 di Indonesia. Maher Zain juga tidak mendukung salah satu pasangan calon peserta Pilpres.

Hal ini sebagaimana yang diberitakan okezone.com dengan judul berita 'Heboh Maher Zain Salam Dua Jari, Ternyata Ini Fakta Sebenarnya!'.

SEBUAH akun facebook (FB) atas nama Mastolib mengunggah foto penyanyi, penulis lagu, dan produser musik asal Swedia berdarah Lebanon, Maher Zain yang berpose sambil menunjukkan ibu jari dan telunjuknya.

Foto pelantun lagu-lagu Islam bersama temannya itu kemudian dikait-kaitkan seolah Maher Zain mendukung salah satu Pasangan Calon Presiden yang memiliki gaya salam dua jari yang serupa.

Dalam foto yang diunggahnya sejak 22 Januari 2019 itu, Mastolib memberi caption: "Saudara saudara muslim di belahan dunia arab sangat memantau pilpres tahun ini berharap menghasilkan pemimpin yg membawa bangkitnya dunia islam. Salam 👆 dari MAHER ZAIN ❤".

Hingga Selasa (29/1/2019) pukul 12.58 Wib, postingan Mastolib (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=352661658887131&id=100024298987000) ini sudah dibagikan 2.142 kali oleh netijen.

Hasil cek fakta yang dilakukan Ria Fajriah, seorang member di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Selasa (29/1/2019), disimpulkan bahwa foto tersebut sudah sudah beredar sejak 12 Februari 2012. Jauh sebelum adanya salam dua jari yang digunakan salah satu paslon presiden. Foto itu diposting langsung oleh akun FB resmi Maher Zain (https://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150588043092970&type=3).

"Kesimpulannya, tidak ada hubungannya dengan politik yang ada di Indonesia. Foto tersebut tentang peluncuran tiga lagu dalam album barunya Maher Zain, di Studio Emrec Istanbul Turki," tulis Ria dalam debunk yang diposting di laman grup FB FAFHH.

Dalam instagram-nya (https://www.instagram.com/p/BrVSpgPlVhN/?hl=id), Maher Zain hanya membagikan ulang postingan awal oleh akun @awakeningrecords pada 13 September 2018. Dilengkapi dengan caption yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan politik. 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto Maher Zain yang berpose dua jari kemudian dikaitkan dengan Pilpres 2019 adalah keliru. Foto tersebut sebenarnya foto lama, tepatnya pernah diunggah pada Februari 2012.

Narasi yang dimuat di konten yang viral tersebut juga tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Detik-Detik Pesawat Jet Tabrakan saat Latihan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Disinformasi Skema Prediksi Presiden dan Wapres 2019-2024
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Foto Viral Iwan Fals Berpose Satu Jari Tak Terkait Pilpres 2019