Sukses

[Cek Fakta] Foto LRT Beroperasi di Sumatera Barat

Beredar foto yang menunjukkan kereta LRT beroperasi di Sumatera Barat

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games, Agustus 2018 mendatang. Berbagai proyek yang ditujukan sebagai penunjang perhelatan itu pun digalakkan pemerintah. Salah satunya, proyek LRT di Jakarta dan Palembang.

Untuk LRT Palembang, akan segera beroperasi. Rutenya, yakni dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan menuju kawasan Jakabaring. Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan, nantinya tiket naik kereta api ringan tersebut menggunakan dua tarif.

"Bila sampai ke bandara ongkosnya akan lebih tinggi," ujar dia, dilansir Antara, Senin (30/4/2018).

Klaim

Beredar foto di media sosial terkait kereta LRT yang diklaim berada di Sumatera Barat. Akun Facebook @pagekatakita yang mengunggah foto itu pun menambahkan keterangan yang menyebut Presiden Jokowi sebagai pemimpin yang visioner. 

Unggahan ini pun mendapat reaksi yang beragam dari warganet. Ada yang percaya dan mengapresiasi kerja pemerintah, namun ada pula yang mencoba mengoreksi validats informasi tersebut.

Foto yang diunggah, 5 Juni 2018 itu pun disukai lebih dari 10 ribu warganet per 14 Juni 2018. Selain itu, unggahan juga dibagikan ulang sebanyak 2.937 kali dan mengundang lebih dari 600 kementar.

Penelusuran Liputan6.com

Berdasarkan hasil penelusuran Liputan6.com, Kereta LRT yang dimuat dalam foto merupakan kereta LRT yang ada di Palembang, Sumatera Selatan. Bukan di Sumatera Barat seperti yang diklaim oleh pengunggah. Foto yang sama juga pernah diunggah dalam akun Instagram @palembangterkini pada tanggal 28 Mei 2018.

Selain itu, pembangunan LRT di Indonesia, hingga saat ini, hanya ada di Jakarta dan Palembang. Sementara di Sumatera Barat, yang ada adalah Kereta Bandara, bukan LRT. 

Kereta bandara bernama Minangkabau Ekspres itu resmi beroperasi sebagai KA bandara ketiga di Indonesia, 21 Juni 2018 lalu. Pengoperasian KA Bandara tersebut diresmikan oleh Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini