Sukses

Italia vs Uruguay Bakal Berlaga di Arena das Dunas [11]

Natal ibukota Rio Grande do Norte akan menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia 2014. Stadion baru Arena das Dunas nan indah pun dibangun.

Natal ibukota Rio Grande do Norte salah satu negara bagian di Brasil dulu sudah mempunyai stadion. Namun setelah Brasil ditunjuk menjadi tuan rumah hajatan akbar sepakbola Piala Dunia 2014, sejumlah kota ditunjuk untuk mempersiapkan diri.



Stadion tua Machadao Machadinho di kota itu langsung dirobohkan dan kemudian dibangun kembali sebuah arena olahraga baru. Mulai awal 2011, bekas lokasi stadion tua itu pun dibangun arena olahraga kembali. Stadion yang diproyeksikan bakal menjadi arena olahraga termegah di kawasan Amerika Latin ini dikerjakan oleh sang arsitek Christopher Lee. Target pembangunan stadion akan selesai akhir Desember atau 6 bulan menjelang dimulainya pesta sepakbola sejagad itu.



Stadion baru ini dirancang dengan kapasitas 45.000 penonton. Selain untuk menggelar ajang sepakbola berlevel internasional, di kawasan Arena das Dunas di Kota Natal ini juga dibangun pusat perbelanjaan dan bangunan komersial. Ada pula hotel dan danau buatan.



Bangunan stadion terinspirasi oleh gundukan bukit pasir yang terkenal di Natal. Fitur-fiturnya yang paling khas ada di tingkat atas dan atapnya berbentuk seperti kelopak. Sementara ruang antarkelopak memungkinkan angin laut mengalir ke stadion. Atapnya yang menjulur berfungsi melindungi penonton dari sengatan sinar Matahari.



Arena das Dunas di Natal akan dipakai untuk menggelar pertandingan dari 8 tim. Ada raksasa Amerika Latin Uruguay dan Meksiko, langganan peserta Piala Dunia dari Afrika Ghana dan Kamerun, ada pula raksasa Asia Jepang, dan raksasa Eropa Italia dan Yunani serta dari benua besar Amerika Serikat.



Masing-masing laga dari tim di Grup A, G, C, dan D akan digelar di stadio megah ini. Inilah jadwal laga tim-tim kuat dari Asia, Afrika, Eropa, Amerika Latin dan Amerika serikat:

13 Juni: Meksiko vs Kamerun
16 Juni: Amerika Serikat vs Ghana
19 Juni: Yunani vs Jepang
24 Juni: Uruguay vs Italia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.