Sukses

Ini Tiga Andalan Lini Depan Timnas

Pelatih Timnas Indonesia Jacksen F Tiago terus berupaya menyiapkan formasi pemain yang tepat untuk menghadapi China pada Pra Piala Asia (PPA) 2015 yang salah satunya dengan mencoba formasi dengan tiga penyerang.

Pada latihan rutin di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin, pelatih asal Brasil menurunkan tiga striker sekaligus yaitu Zulham Zamrun, Boaz Solossa dan Titus Bonai atau lebih akrab dipanggil Tibo itu.

"Sekarang banyak pilihan untuk lini depan. Makanya kami terus mengoptimalkan pertandingan ujicoba supaya formasi tepat bisa didapat," kata Jacksen F Tiago usai memimpin latihan.

Pada latihan sebelum bertolak menuju Korea Utara, Timnas Garuda terus mendapatkan porsi latihan yang telah terprogram. Khusus untuk menguji ketajaman penyerang, Jacksen F Tiago memberikan porsi lebih kepada tiga pemain itu.

Dimaksimalkannya tiga penyerang ini bukan tanpa alasan. Bagusnya performa Zulham Zamrun selama pelatnas membuat Jacksen F Tiago leluasa menentukan pemain. Bahkan kehebatan pemain Mitra Kukar itu telah dibuktikan dengan mencetak dua gol saat timnas mengalahkan Kirgistan 4-0.

"Itu salah satu variasi. Bisa saja Zulham Zamrun kembali duetkan denga Samsul Arif. Yang jelas ujicoba formasi akan terus kami lakukan," kata pelatih yang membawa Persipura juara ISL 2012/2013 itu.Sesuai dengan rencana Timnas Garuda akan bertolak ke Korea Utara, Kamis (7/11). Ujicoba di Korea itu dinilai sangat penting karena selain untuk mendapatkan formasi yang tepat juga untuk adaptasi dengan cuaca di China.

Jacksen menilai cuaca di Korea Utara dan China dimana Ahmad Bustomi dan kawan-kawan akan menjalani pertandingan resmi PPA 2015 terjadi kemiripan. Kondisi ini sangat dibutuhkan oleh Timnas Garuda.

"Cuaca di Korea Utara tak jauh beda. Kami berharap semua pemain bisa memaksimalkan ujicoba ini. Adaptasi cuaca sangat penting bagi pemain. Apalagi cuaca dibawah 10 derajat," kata Jacksen menjelaskan.

Ujicoba melawan salah satu klub di Korea Utara dijadwalkan berlangsung 9 November. Setelah itu Timnas Garuda akan langsung bertolak menuju China guna menjalani pertandingan resmi PPA 2015 Grup C dengan menghadapi tuan rumah China.

Saat ini Timnas Indonesia masih terpuruk didasar klasemen Grup C dengan raihan satu poin dari tiga pertandingan. Poin yang diraih anak asuh Jacksen F Tiago ini didapat saat menahan imbang China di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (ant)