Sukses

Lawan Chelsea, Misi Muenchen Tuntaskan Dendam 2012

Rivalitas Mourinho dengan Guardiola pun akan jadi daya tarik tersendiri dalam pertandingan ini.

Dua klub juara di Eropa akan bertemu dalam satu laga besar, yakni Piala Super Eropa. Kali ini salah satu klub akan menjalani laga ini untuk kedua kalinya dalam dua tahun beruntun, yakni Chelsea. Di Piala Super Eropa tahun lalu, Chelsea harus menyerah dari Atletico Madrid dengan skor telak 1-4.

Chelsea tidak boleh lupa, apabila lawan mereka di pertandingan yang dilangsungkan di Eden Arena, Praha, Ceko, Sabtu (31/8/13) dinihari WIB, adalah lawan berat. The Blues harus berhadapan dengan juara Liga Champions 2012-2013, Bayern Muenchen.

Menghadapi Muenchen, Chelsea wajib waspada karena ada dendam dalam tubuh Muenchen. Dendam itu muncul ketika Chelsea berhasil menggagalkan misi Die Rotten, julukan untuk Muenchen, untuk mendapatkan gelar Liga Champions tahun 2012 lalu. Chelsea akhirnya berhasil menang melalui drama adu penalti.

Selain bakal berlaga dengan motivasi dendam, Muenchen yang kini dilatih Josep Guardiola juga memiliki misi yang lain. Dua misi akan diusung Guardiola. Pertama, Guardiola harus bisa memenangkan pertandingan ini agar Muenchen keluar dari kutukan runner-up, di mana dalam tiga turnamen sebelumnya belum pernah sekali pun mengangkat trofinya. Kedua, tidak menutup kemungkinan Guardiola akan berusaha untuk memecahkan rekor untuk menjadi pelatih dengan tiga gelar Piala Super Eropa, melewati Sir Alex Ferguson, Carlo Ancelotti, Louis van Gaal, dan Arrigo Sacchi.

Di lain pihak, Chelsea bersama Jose Mourinho Chelsea akan berusaha untuk mengulang kesuksesan mereka di musim 1998-1999, kala berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor tipis 0-1. Selain itu, rivalitas Mourinho dengan Guardiola pun akan jadi daya tarik tersendiri dalam pertandingan tahun ini.

Oleh sebab itu, baik Guardiola atau Mourinho harus bisa mengeksploitasi seluruh potensi yang ada dalam individu pemain mereka masing masing. Guardiola sudah barang tentu akan mengharapkan ketajaman Mario Goetze atau Mario Mandzukic di lini depan, Franck Ribery dan Arjen Robben di sektor sayap, Toni Kroos dan Thomas Mueller di lini tengah, dan lima punggawa pemain bertahan mereka Philip Lahm, Jerome Boateng, Bonfim Dante, Bastian Schwensteiger, dan David Alaba.

Sementara itu, Mourinho bisa memaksimalkan kemampuan Fernando Torres, Demba Ba, atau bahkan Romelu Lukaku untuk jadi ujung tombak. Disokong kemampuan olah bola Eden Hazard, Oscar, Juan Mata, atau Andre Schuerre, maka siapa pun yang akan jadi penyerangnya akan membuat Chelsea sangat menakutkan. Kemampuan Ramires dan Lampard pun akan membuat lini tengah Chelsea semakin kuat. Ditambah pemain bertahan yang kokoh seperti Branislav Ivanovic, John Terry, Gary Cahill, dan Ashley Cole, maka Guardiola harus mencari celah agar bisa meruntuhkan pertahanan Chelsea. (bek)

Baca juga:
* Barca Masuk Grup Maut, Ini Tanggapan Messi
* Manchester United Umumkan Kepergian Strikernya
* Hasil Undian Grup Liga Champions
* Mourinho Ngamuk Ditanya Rekor Buruk Lawan Guardiola
* Franck Ribery, Pemain Terbaik Eropa 2013
* Kekuatan Utama Muenchen di Mata Mourinho
* Barca Serius Buru Torres
* Guardiola: Mourinho Rajanya Serangan Balik
* Ini Dia 10 Atlet Terpopuler di Twitter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini