Sukses

Breaking News: Aleix Espargaro Resmi Pensiun usai MotoGP 2024, Ini Alasannya

Aleix Espargaro mengumumkan bakal pensiun sebagai pembalap MotoGP usai musim 2024. Espargaro menyatakan niatnya tersebut pada konferensi pers jelang MotoGP Catalunya 2024, Kamis (23/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Aleix Espargaro mengumumkan bakal pensiun sebagai pembalap MotoGP usai musim 2024. Espargaro menyatakan niatnya tersebut pada konferensi pers jelang MotoGP Catalunya 2024, Kamis (23/5/2024).

Dengan penuh emosi dan tak kuasa menahan air mata, Espargaro menyebut petualangannya di Kejuaraan Dunia Balap Motor sebagai pengalaman luar biasa.

"Ada banyak pembalap yang memenangkan lomba lebih banyak daripada saya. Tapi saya selalu bekerja keras dan memberikan yang terbaik, saya bisa mencapai level tinggi," kata Aleix Espargaro.

"Pengalaman di Aprilia selama 2-3 tahun terakhir sangat baik. Itulah salah satu alasan saya ingin pensiun. Saya ingin pergi dengan perasaan bahagia."

"Mungkin pembalap lain akan membiarkan saya memenangkan seri selanjutnya," canda Espargaro, merujuk MotoGP Catalunya yang berstatus balapan kadangnya pada pekan ini.

Tanda bakal mundurnya Espargaro sudah terendus dengan munculnya jadwal konferensi pers khusus. Sesi tersebut biasanya digelar jika ada rider yang ingin gantung helm.

Di usia 34 tahun, Espargaro adalah pembalap tertua pada MotoGP 2024. Kepergiannya akan membuka lowongan di tim pabrikan Aprilia musim depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aleix Espargaro Sosok Penting di Balik Sukses Aprilia

Bergabung ke Aprilia pada 2017, Espargaro menjadi sosok krusial di balik pengembangan RS-GP sehingga jadi salah satu kursi yang diidamkan pembalap MotoGP.

Lewat perjuangan panjang, dia akhirnya meraih podium pertama bersama pabrikan tersebut pada MotoGP Inggris 2021.

Setelahnya Espargaro merebut kemenangan debut di Argentina 2022, ditambah sukses pada balapan Inggris dan Catalunya tahun yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Target Aleix Espargaro di Sisa MotoGP 2024

Memulai karier di Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2004 dengan membela Honda pada 125cc, Espargaro sudah mengikuti lebih dari 300 balapan di berbagai kelas.

Dia berharap bisa menambah koleksi trofi di sisa MotoGP 2024. "Musim ini masih panjang. Saya tahu memiliki motor kompetitif yang bisa bersaing memperebutkan podium dan gelar," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.