Sukses

Sejarah Lengkap Play-off Cabor Sepak Bola Olimpiade, Negara Ini Paling Banyak Menang

Cabang olahraga sepak bola menggulirkan play-off untuk mengetahui peserta terakhir Olimpiade 2024 di Paris. Timnas Indonesia U-23 yang mewakili Asia akan menghadapi negara Afrika Guinea di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga sepak bola menggulirkan play-off untuk mengetahui peserta terakhir Olimpiade 2024 di Paris. Timnas Indonesia U-23 yang mewakili Asia akan menghadapi negara Afrika Guinea di INF Clairefontaine, Kamis (9/5/2024).

Pemenang pertandingan nanti menyusul 15 negara lain yang terlebih dahulu memesan tiket dan masuk Grup A bersama Prancis, Amerika Serikat, serta Selandia Baru.

Sejak peserta cabang olahraga sepak bola Olimpiade terkena pembatasan usia pada 1992, play-off edisi 2024 merupakan kali keenam diterapkan. Namun, pada lima kesempatan sebelumnya, hanya sekali yang melibatkan wakil Asia.

Momen tersebut hadir untuk Olimpiade 2012. Kala itu Oman bersua Senegal demi tiket ke London.

Pada laga yang berlangsung di City of Coventry Stadium, Oman kesulitan meredam permainan eksposif Senegal. Mereka akhirnya menyerah 0-2 akibat gol Ibrahima Balde dan Abdoulaye Sane.

Berikut hasil lengkap play-off Olimpiade cabor sepak bola:

 Edisi  Play-off  Laga  Pemenang
 1992  Oceania vs Eropa   Australia vs Belanda   Australia
 1996  Amerika Utara vs Oceania  Kanada vs Australia   Australia
 2000  Oceania vs Afrika   Selandia Baru vs Afrika Selatan   Afrika Selatan
 2012   Asia vs Afrika   Oman vs Senegal   Senegal
 2016   Amerika Utara vs Amerika Selatan   Amerika Serikat vs Kolombia   Kolombia
 2024   Afrika vs Asia  Guinea vs Indonesia  ???

Berdasar rincian di atas, wakil Oceania dan Afrika mendapat kesempatan terbanyak dengan masing-masing tiga. Australia yang sebelumnya mengibarkan Oceania memaksimalkan kondisi itu untuk merebut tiket dua edisi Olimpiade.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempertemukan Peringkat 4 Turnamen Regional

Indonesia dan Guinea melakoni play-off Olimpiade Paris setelah sama-sama menduduki peringkat empat turnamen regional. Indonesia kalah dari Irak pada perebutan peringkat tiga Piala Asia U-23 2024. 

Sementara Guinea harus mengakui keunggulan Mali melalui adu penalti pada laga podium terakhir Piala Afrika U-23 2023. Patut dicermati, Indonesia dan Guinea sama-sama melakoni debut pada kompetisi regional tersebut.

"Peluang kita untuk bisa tampil di Olimpiade masih terbuka. Kita harus berjuang di pertandingan melawan Guinea. Ini merupakan kesempatan terakhir untuk bisa tampil di Olimpiade, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya. Bismillah," tukas Ketua Umum PSSI Erick Thohir di situs resmi federasi.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-23 Panggil Pemain Baru

Timnas Indonesia menambah pemain untuk menghadapi Guinea. Bek Alfeandra Dewangga bergabung setelah mendapat panggilan pelatih Shin Tae-yong. Kehadirannya sangat penting karena timnas U-23 Indonesia kehilangan dua bek.

Kapten Rizky Ridho masih menjalani sanksi disiplin usai diganjar kartu merah pada semifinal Piala Asia U-23 2024 melawan Uzbekistan. Sementara Justin Hubner kembali ke Jepang untuk membela Cerezo Osaka

"Alfeandra Dewangga bergabung bersama Timnas Indonesia U23 untuk laga play-off menuju Olimpiade hadapi Guinea U23," tulis PSIS di akun Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini