Sukses

Berawal dari Bisnis, Steffen Epeng Jatuh Cinta pada Olahraga Darts

Epeng turut berpartisipasi pada ajang Darts National Competition yang dimulai bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta- Steffen atau akrab disapa dengan panggilan Epeng, membeberkan kisahnya bisa kecemplung di olahraga darts. Rupanya perkenalan Epeng dengan olahraga darts karena dikenalkan oleh rekan bisnisnya.

“Pada saat itu rekan bisnis saya mengajak bermain darts dan mengenalkan distributor mesin dart untuk di pasang di cafe kami. Sampai pada akhirnya mulai mempelajari darts dan akhirnya tertarik dengan olah raga ini," papar Epeng mengenang masa awal bersentuhan dengan olahraga darts.

Dari perkenalan itu, Epeng mulai mempelajari seluk beluk olahraga darts untuk dijadikan sebagai instrument “hospitality” sekaligus “booster” untuk para pengunjung dan customer cafenya hingga akhirnya Epeng jadi menyukai olahraga darts dan menjadikanya sebagai salah satu hobi untuk melepas penat dan bersenang-senang. Cafe yang ia bangun bersama rekannya bernama Momocha Coffee.

Cafe yang berada di Bekasi ini akhirnya menjadi homebase bagi komunitas para pemain dan penyuka olahraga darts seperti Franky dan Jessica yang menjadi Juara 2 dan 3 di gelaran Darts National Competition Seies 01 yang diselenggarakan oleh Indonesia Entertaiment Group (IEG).

Momocha Coffee adalah salah satu homebase olahraga soft tip darts yang paling konsisten dan paling ramai di Indonesia saat ini.

Keberhasilan Epeng mengintergrasikan olahraga darts di Momocha Coffe membuatnya percaya diri untuk mulai membuat tim sendiri dan mengikuti berbagai kompetisi nasional atau internasional dari perorangan hingga tim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bikin Tim Sendiri

“Untuk kompetisi darts sendiri saya sudah ikut cukup banyak, baik itu kompetisi kecil yang diadakan oleh beberapa home shop, liga nasional yang diadakan oleh vendor mesin darts, dan juga kompetisi internasional di Malaysia dan Singapura. Untuk liga nasional tim kami pernah menjadi juara beberapa season. Prestasi tertinggi yang saya diraih Third Place Double Dartslive Open di Malaysia 2016," kata Epeng.

Epang memberi tips mengenai kunci sukses bermain dart. Pertama, harus menyukai dart. Kedua, perbanyak latihan karena dart merupakan olahraga yang mengandalkan muscle memory, jadi kita perlu melatih lemparan kita untuk bisa bermain dengan baik. Ketiga, perbanyak pertandingan melawan orang lain untuk melatih mental supaya menjadi mental juara.

Sembilan tahun berkarier, ia memulai pengalaman pertamanya menjadi wasit pada Darts National Competition Series 01 yang diselenggarakan oleh Indonesia Entertaiment Group (IEG) pada 24 Februari 2024 yang lalu.

“Kompetisi yang diadakan IEG kemarin pengalaman pertama menjadi wasit, karena sebelum ini sebenarnya kami pemain di Indonesia lebih banyak bermain soft tip darts sedangkan di soft tip darts tidak dibutuhkan wasit karena mesin dart itu sendiri yang sudah menjadi wasit. Jadi kemarin ini juga salah satu pengalaman yang baru dan menegangkan juga untuk menjadi wasit di kompetisi steel tip darts," sambung Epeng.

Pengalaman pertamanya menjadi wasit sukses ia lalui. Pengalaman ini memberi kesan positif terhadap pengetahuan steel tip darts.

“Pastinya seneng karena beberapa tahun terakhir darts sendiri sudah tidak terlalu aktif ditambah pandemi datang yang buat komunitas olahraga ini jadi hampir tidak aktif lagi, dengan adanya kompetisi ini dan melihat banyak pemain-pemain yang aktif dan antusias pastinya membuat saya senang dan berharap olah raga ini bisa berkembang menjadi lebih besar lagi dari sebelumnya.”

3 dari 3 halaman

Kompetisi Darts Nasional IEG

Epeng merasa optimis bahwa Darts National Competition bisa menjadi wahana wadah aktualisasi prestasi bagi para pemain darts di Indenesia. Apalagi Indonesia Entertainment Group sudah berkomitment akan menyelenggarakan event ini secara berseri dengan insentif point yang bisa dikumpulkan oleh para pemain darts sehingga bisa menjadi standart ukur prestasi dan kemampuan yang accountable bagi semua pihak, khususnya para pemain darts itu sendiri.

Setelah sukses di gelaran Darts National Competition Series 01, Indonesia Entertainment Group akan segera menggelar Darts National Series 02 pada Tanggal 27 dan 28 April 2024 mendatang di Gading Festival Food and Fun, Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta. Para pemain darts yang berminat untuk berpartisipasi di satu-satunya kompetisi nasional olahraga darts di Indonesia ini dapat mendaftarkan diri secara online di https://bit.ly/dncseries02 atau menghubungi pihak Indonesia Entertainment Group di Hotline 081317341652.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.