Sukses

5 Teknik Servis Voli yang Efektif untuk Meningkatkan Performa Anda di Lapangan

Artikel ini akan membahas tentang lima teknik servis voli yang lengkap dengan tata cara yang dapat membantu Anda meningkatkan performa dalam permainan voli.

Liputan6.com, Jakarta - Voli adalah olahraga yang membutuhkan keahlian teknis yang baik, termasuk dalam melakukan servis. Jika melalukannya dengan baik, tim bisa memulai serangan atau bahkan mendapatkan poin.

Servis dalam permainan bola voli menjadi hal dasar yang perlu diketahui. Sebab, menggunakan teknik servis yang tepat mampu mendulang tambahan angka bagi tim yang dibela.

Sebaliknya, jika teknik servis yang dilakukan kurang tepat, maka dapat menjadi bumerang bagi tim sendiri. Pasalnya, servis dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai tanda dimulainya pertandingan.

Sehingga, bila servis yang dilakukan gagal melewati net atau memasuki area lawan, maka tim lawan berhak mendapat satu angka. Sementara, jika servis yang dilakukan berhasil masuk kearea lawan dan tidak dapat diantisipasi, maka satu poin bakal bertambah ke tim yang dibela.

Oleh karena itu, mempelajari teknik servis voli perlu dilakukan sebagai hal dasar. Apalagi, teknik servis menjadi salah satu diantara empat teknik yang perlu dikuasai dalam permainan bola voli.

Mengutip dari buku Seri Olah Raga Bola Voli (2019) karya Anung Hendar Krisnanto, teknik dasar permainan bola voli terbagi menjadi block, service, smash, dan passing. Keempat teknik tersebut harus dikuasai dan menjadi modal utama bagi seorang pemain bola voli.

Dengan menguasai teknik servis voli yang efektif ini, Anda dapat meningkatkan performa Anda di lapangan dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam permainan. Penting untuk melatih dan menguasai setiap teknik servis ini dengan baik agar dapat menggunakannya secara efektif dalam pertandingan.

Berikut lima teknik servis voli:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Servis Float

Servis float adalah teknik servis voli yang paling umum digunakan. Dalam servis ini, bola dipegang dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari. Pemain kemudian membawa tangan yang memegang bola ke belakang dan meluncurkannya ke depan dengan gerakan yang lembut. Tujuan dari servis float adalah membuat bola bergerak dengan kecepatan rendah dan tidak memiliki rotasi yang jelas, sehingga sulit untuk diprediksi oleh lawan.

Tata cara servis float:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.

- Pegang bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari.

- Bawa tangan yang memegang bola ke belakang dengan gerakan yang lembut.

- Luncurkan bola ke depan dengan gerakan yang lembut, tanpa memberikan rotasi yang jelas.

 

3 dari 6 halaman

2. Servis Topspin

Servis topspin adalah teknik servis voli yang digunakan untuk memberikan rotasi pada bola. Dalam servis ini, bola dipegang dengan jari-jari yang membentuk huruf "C". Pemain kemudian membawa tangan yang memegang bola ke belakang dan meluncurkannya ke depan dengan gerakan yang cepat dan kuat. Tujuan dari servis topspin adalah membuat bola bergerak dengan kecepatan tinggi dan memiliki rotasi yang kuat, sehingga sulit untuk dikendalikan oleh lawan.

Tata cara servis topspin:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.

- Pegang bola dengan jari-jari yang membentuk huruf "C".

- Bawa tangan yang memegang bola ke belakang dengan gerakan yang cepat dan kuat.

- Luncurkan bola ke depan dengan gerakan yang cepat dan kuat, memberikan rotasi yang kuat pada bola.

4 dari 6 halaman

3. Servis Jump Float

Servis jump float adalah teknik servis voli yang dilakukan dengan melompat saat melakukan servis. Dalam servis ini, pemain melompat ke udara dan memukul bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari. Tujuan dari servis jump float adalah menghasilkan kombinasi antara kecepatan dan keakuratan, sehingga sulit untuk diprediksi dan dikendalikan oleh lawan.

Tata cara servis jump float:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.

- Melakukan lompatan ke udara saat melakukan servis.

- Pegang bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari.

- Pukul bola dengan gerakan yang lembut, menghasilkan kombinasi antara kecepatan dan keakuratan.

5 dari 6 halaman

4. Servis Jump Topspin

Servis jump topspin adalah teknik servis voli yang dilakukan dengan melompat saat melakukan servis dan memberikan rotasi pada bola. Dalam servis ini, pemain melompat ke udara dan memukul bola dengan jari-jari yang membentuk huruf "C". Tujuan dari servis jump topspin adalah menghasilkan kombinasi antara kecepatan, keakuratan, dan rotasi, sehingga sulit untuk dikendalikan oleh lawan.

Tata cara servis jump topspin:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.

- Melakukan lompatan ke udara saat melakukan servis.

- Pegang bola dengan jari-jari yang membentuk huruf "C".

- Pukul bola dengan gerakan yang cepat dan kuat, memberikan rotasi yang kuat pada bola.

6 dari 6 halaman

5. Servis Lay Up

Servis lay up adalah teknik servis voli yang dilakukan dengan melempar bola ke atas sebelum memukulnya. Dalam servis ini, pemain melempar bola ke atas dengan tangan yang tidak memegang bola, kemudian memukul bola dengan tangan yang memegang bola. Tujuan dari servis lay up adalah memberikan variasi dan kejutan kepada lawan, sehingga sulit untuk diprediksi dan dikendalikan.

Tata cara servis lay up:

- Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.

- Melempar bola ke atas dengan tangan yang tidak memegang bola.

- Pada saat bola turun, pukul bola dengan tangan yang memegang bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.