Sukses

5 Manajer Tersukses Liverpool, Sulap Si Merah Jadi Klub Terbaik Inggris

Liverpool menahbiskan diri sebagai salah satu klub tersukses dari Liga Inggris. The Reds sudah menjuarai berbagai kompetisi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool menahbiskan diri sebagai salah satu klub tersukses dari Liga Inggris. The Reds sudah menjuarai berbagai kompetisi, baik di level domestik, regional, hingga internasional.

Prestasi tersebut tentu tidak diraih begitu saja. Setiap individu yang terlibat di dalam klub memainkan peran masing-masing. Termasuk para pelatih yang memilih tim hingga mengatur strategi.

 

Sepanjang sejarahnya, Liverpool memiliki sejumlah nakhoda berpengaruh. Era sukses perdana terjadi saat Bill Shankly berkuasa. Sosok berkebangsaan Skotlandia tersebut membangun fondasi sehingga klub berbasis Anfield itu memiliki mental juara.

Begitu Shankly lengser, Bob Paisley yang sempat memperkuat tim melanjutkan momentum dan mempertegas dominasi Liverpool. 

Ada sosok-sosok lain yang kemudian mmengaruhi prestasi klub. Termasuk Jurgen Klopp yang kini sedang menduduki kursi panas. Siapa saja mereka?

Berikut daftar pelatih yang memainkan peran besar di balik sukses klub Merseyside tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manajer Legendaris Liverpool

1. Bob Paisley

Bob Paisley merupakan pelatih tersukses sepanjang masa Liverpool. Bekerja pada periode 1974-1983, total dia mempersembahkan 20 gelar bagi The Reds.

Paisley membawa Liverpool menguasai Inggris dalam enam kesempatan. Dia juga membantu tim menjadi juara Eropa tiga kali.

Sukses Paisley tidak lepas dari peran pendahulunya Bill Shankly yang membangun fondasi kuat di dalam klub.

2. Bill Shankly 

Seperti disebut sebelumnya, Shankly memainkan peran penting bagi sukses Liverpool. Menangani tim pada periode 1959-1974, dia merebut 11 gelar bersama The Reds.

Shankly adalah orang yang mengangkat Liverpool dari Divisi II menjadi salah satu kekuatan utama di Inggris.

3. Kenny Dalglish

Kenny Dalglish melanjutkan sukses Liverpool saat bekerja pada 1985-1991. Meski cuma enam musim di Anfield, sosok asal Skotlandia itu sukses menjuarai sembilan gelar.

Tiga datang dari Liga Inggris plus dua di Piala FA. Sayang Dalglish gagal membawa The Reds berjaya di Eropa, disebabkan larangan berpartisipasi bagi klub Inggris akibat ulah brutal suporter.

3 dari 3 halaman

Jurgen Klopp dan Gerard Houllier

4. Jurgen Klopp

Setelah menunggu tiga dekade, Liverpool akhirnya kembali menguasai Inggris bersama Jurgen Klopp. Tidak hanya itu, sosok asal Jerman itu juga mempersembahkan total delapan gelar di antaranya Piala FA, Liga Champions, Piala UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Klopp mengumumkan akan meninggalkan Anfield di akhir 2023/2024. Setelah menjuarai Carabao Cup di musim ini, dia berpotensi menambah sumbangsih karena Liverpool masih terlibat di tiga kompetisi lain. 

5. Gerard Houllier

Di saat musuh bebuyutan Manchester United mendominasi Inggris, Gerard Houllier bisa memberi senyum kepada suporter Liverpool dengan raihan enam gelar.

Koleksi trofinya mencakup Piala FA, Piala Liga Inggris (2), Community Shield, Piala UEFA, dan Piala Super Eropa selama bekerja dalam periode 1998 hingga 2004.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Jurgen Klopp

  • Berita Bola

Video Terkini