Sukses

Hari Pertama F1Powerboat Berlangsung Meriah, Para Pembalap Akui Track di Danau Toba Penuh Tantangan

Pada hari kedua juga bakal mempertontonkan lomba yang tak kalah seru, selain para pembalap juga akan melakukan parade lap dan juga final race Grand Prix of Indonesia F1Powerboat.

Liputan6.com, Jakarta Erik Stark berhasil menjadi juara satu pada hari pertama penyelenggaraan balapan internasional F1Powerboat Danau Toba 2024, Sabtu (2/3/2024). Pembalap Victory Team ini, meraih 10 poin disusul pembalap Sharjah Team, Rusty Wyatt dengan 9 poin. Sedangkan, posisi ketiga diraih pembalap dari China CTIC Team, Peter Morin dengan 8 poin.

Seperti diketahui, F1Powerboat Danau Toba akan berlangsung 2-3 Maret 2024. Pada hari kedua ajang balapan ini bakal mempertontonkan lomba yang tak kalah seru. Para pembalap akan melakukan parade lap dan juga final race Grand Prix of Indonesia F1Powerboat.

Tak hanya itu, akan ada juga pertandingan Solu Bolon yang diikuti oleh 8 kabupaten di Sumatra Utara. Band Radja dan ADA Band juga akan memeriahkan festival musik pada hari kedua.

Penyelenggaraan pertandingan olahraga air berskala internasional, F1Powerboat Danau Toba, pada hari pertama berlangsung sukses. Para pembalap antusias berlaga dan memuji keindahan Danau Toba setelah mereka melakukan sprint race.

“Luar biasa bisa kembali ke Danau Toba. Track di Danau Toba penuh tantangan dan diperlukan set up mesin dan kemampuan yang matang untuk menaklukan track ini. Namun, saya sangat takjub dengan ramahnya masyarakat setempat dan penonton-penonton yang sangat antusias,” kata Bartek Marzalek, pembalap tim Stromoy Racing.

“Ini adalah race pertama saya di Indonesia, sehingga saya masih beradaptasi untuk memenangi lomba ini. Meski secara teknis sulit dan menantang, tapi saya sangat menyukai lintasan disini. Harus diakui bahwa track di sini sangat sulit dan menantang. Tapi apapun bisa terjadi di Danau Toba. Semoga saya bisa bermain dengan sebaik-baiknya,” kata Stefan Arand dari tim Binh Dinh, Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Jadi Penyelenggara Terbaik

Sedangkan, Raimondo Di San Germano, Director H2O Management menyampaikan terima kasihnya atas keramahan Indonesia dan juga penyelenggaraan F1Powerboat yang sangat baik. Ia meyakini akan lebih banyak orang yang datang ke Danau Toba.

“Saya ingat F1Powerboat tahun lalu merupakan tahun pertama Indonesia menyelenggarakan ajang ini dan Indonesia menjadi penyelenggara terbaik untuk ajang ini. Tahun ini, kami kembali kesini dan kami jatuh cinta dengan Danau Toba. Danau Toba telah menjadi rumah kedua bagi kami,” kata Raimondo dalam konferensi pers yang digelar di Balige.

3 dari 4 halaman

Penyelenggaraan F1Powerboat Memberikan Dampak Ekonomi

Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney menyampaikan terima kasihnya kepada semua stakeholders termasuk para pembalap dan masyarakat yang hadir sehingga F1Powerboat hari pertama bisa terselenggara dengan baik.

Harapannya, kesuksesan penyelenggaraan F1Powerboat ini bisa memberikan multiplier effect yang luas. Maya menjelaskan bahwa F1Powerboat tahun lalu memberikan dampak ekonomi hingga Rp1,68 triliun. Harapannya, dampak ekonomi penyelenggaraan tahun ini diharapkan bisa meningkat 10-20% dari sebelumnya.

“InJourney berkomitmen untuk terus mengembangkan destinasi pariwisata di Indonesia. Sebagai Holding BUMN aviasi dan pariwisata, kami memiliki ekosistem yang sangat besar untuk Indonesia. Namun, untuk membangun destinasi pariwisata kami membutuhkan concerted effort dengan kolaborasi berbagai pihak, pemerintah daerah, swasta, BUMN, dan ini merupakan salah satu kolaborasi luar biasa yang harus terus berkelanjutan,” kata Maya Watono.

4 dari 4 halaman

F1Powerboat 2024 Juga Dimeriahkan Festival Musik

Odo RM Manuhutu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi berharap F1Powerboat Danau Toba bisa mencetak atlet-atlet para.

“Kami berharap para pembalap tidak hanya berkompetisi saja akan tetapi membantu mempromosikan Danau Toba dan menjadi bagian dari pengembangan destinasi pariwisata yang terus berkelanjutan. ” tambah Odo.

F1Powerboat 2024 juga dimeriahkan oleh festival musik yang menghadirkan band papan atas. Pada hari pertama, ribuan pengunjung dihipnotis oleh penampilan Band Wali. Dengan membawakan sejumlah lagu, pengunjung antusias ikut bernyanyi band yang beranggotakan Faank, Apoy, Tommy, dan Ovie itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.