Sukses

Pemegang Rekor Dunia Lari Marathon Kelvin Kiptum Bidik Emas Olimpiade 2024

Kelvin Kiptum sedang jadi primadona di jagat lari marathon berkat sederet rekor tercepat yang dibuatnya tahun 2022 dan 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Pemegang Rekor Dunia Lari Marathon Kelvin Kiptum percaya diri akan bisa menaklukan Olimpiade 2024. Kiptum membidik medali emas di Paris karena sedang dalam performa terbaiknya. Dia memecahkan rekor dunia di tahun 2023 lalu.

Nama Kelvin Kiptum begitu dipuja oleh para pecinta lari Marathon saat ini. Pemuda 24 tahun itu merupakan satu-satunya orang di dunia yang mampu menyelesaikan lari marathon di bawah dua jam satu menit.

Kelvin Kiptum juga mampu megang tiga dari tujuh rekor lari marathon tercepat di dunia. Dia memenangkan tiga marathon yang diikutinya termasuk dua World Marathon Majors, pada periode Desember 2022 sampai Oktober 2023.

Perjalanan Kelvin Kiptum di jagat lari Marathon bagai dogeng. Dia mampu melakukan debut sempurna pada lari jarak 42.195 km saat mengikuti Valencia Marathon pada akhir 2022. Kiptum langsung menorehkan catatan tercepat keempat dalam sejarah dengan 2:01:53.

Empat bulan berselang Kiptum langsung mencatatkan rekor lari marathon tercepat kedua dalam sejarah ketika berlari di London Marathon dengan waktu 2:01:25.

Selang enam bulan kemudian Kiptum akhirnya bisa memecahkan rekor dunia lari marathon dengan dua jam 35 detik di Chicago, Amerika Serikat.

Berbekal hasil luar biasa ini Kiptum difavoritkan menang di Olimpiade 2024. Pemuda asal Kenya itu pun terus mempersiapkan diri dan sangat ingin bisa meraih emas pertamanya di Olimpiade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Kiptum Jelang Olimpiade 2024

Persiapan matang pun dilakukan. Kiptum mengandalkan Amazfit untuk menunjang performanya agar tetap menjadi yang tercepat saat lomba marathon di Olimpiade Paris 2024 digelar.

Kiptum baru saja didaulat menjadi brand ambassador Amazfit. Kiptum menggunakan dua produk dari Amazfit. Cheetah Pro digunakan Kiptum untuk mengelola latihan dan mengetahui kinerja larinya, serta Helio Ring untuk mengoptimalkan pemulihannya menjelang perlombaan.

“Bergabung dengan Amazfit adalah hal yang luar biasa. Amazfit Cheetah Pro sudah menjadi bagian penting dalam rutinitas latihan yang saya jalani. Saat saya mengincar medali emas di Olimpiade Paris 2024, saya yakin Amazfit bisa menjadi rekan dalam mendorong potensi terbaik yang dimiliki manusia,” kata Kiptum.

3 dari 3 halaman

Teknologi Canggih Dipakai Kiptum

Untuk membantu persiapan Kiptum tampil di Olimpiade Paris 2024 mendatang, dia akan menggunakan Amazfit Cheetah Pro. Smartwatch yang memang didesain untuk para pelari tersebut dilengkapi dengan dual-band circularly-polarized GPS antenna yang telah diuji dan akurasinya mencapai 99,5%.

Selain itu ada juga teknologi Zepp Coach, sebuah kecerdasan buatan yang bisa menyusun rencana serta panduan yang ideal untuk para atlet yang sedang mempersiapkan diri mengikuti lari marathon. Teknologi tersebut akan membantu Kiptum mempersiapkan hal-hal yang harus dilatih sebelum perlombaan.

Kerja sama Kiptum dan Amazfit tak sekadar berada di lintasan lari. Kiptum juga menggunakan Amazfit Helio Ring, sebuah produk baru yang berfungsi untuk mengontrol pemulihan dengan menggunakan analisis mendalam terhadap kualitas tidur, kesiapan mental dan fisik, serta keadaan emosional yang dideteksi dari Bio Tracker dan sensor EDA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.