Sukses

Terungkap Sosok yang Bikin Marc Marquez Pindah ke Gresini Ducati

Bos Gresini Racing membeberkan proses kepindahan Marc Marquez dari Repsol Honda saat datang ke Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap MotoGP Marc Marquez dan adiknya Alex sedang berada di Indonesia pada akhir pekan pertama di bulan Februari 2024. Dalam jumpa pers di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terungkap sosok yang berperan besar menyakinkan Marc Marquez hijrah ke Gresini Racing Ducati.

Kepindahan Marquez ke Gresini Racing Ducati begitu sensasional. Pria Spanyol itu mengakhiri kebersamaannya dengan Repsol Honda yang sudah terjalin 11 musim di MotoGP. Selain itu, Gresini Ducati juga bukan merupakan tim pabrikan.

Rupanya sosok Alex yang memiliki peran membuat Marc mau pindah ke Ducati di MotoGP 2024. Sang adik banyak mempengaruhi Marc dan menceritakan bagaimana suasana di tim yang didirikan almarhum Fausto Gresini itu.

"Alex sebenarnya merupakan sosok kunci yang membuat semua ini terjadi. Kami memperkirakan dia mempromosikan Gresini ke keluarga besarnya. Memberitahu Marc soal lingkungan dan kenyamanan di Gresini dan memberikan informasi teknikal tentang motor," ujar Nadia Padovani Gresini yang merupakan pemilik dan prinsipal tim Gresini selepas meninggalnya Fausto, dalam jumpa pers yang juga dihadiri Liputan6.com.

Pernyataan Nadia ini dibenarkan oleh Marc. Namun ada alasan lain juga yang membuat Marc mau membela Gresini Ducati di musim 2024 ini. Sejarah panjang tim yang mampu mencetak pembalap besar membuat Marc tergiur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Marc Marquez Soal Kepindahan ke Gresini Racing Ducati

“Tentu saja keberadaan Alex di dalam tim menjadi pertimbangan besar, tetapi bukan alasan utama. Alasan lainnya adalah saya melihat sejarah Gresini dengan Alex dan Enea Bastianini dan banyak pembalap besar lainnya. Terutama beberapa musim lalu dimana mereka meraih hasil yang baik bersama Fabio di Giannatonio, Alex, dan Bastianini."

"Akhirnya saya memang mencari tim yang familiar, tetapi juga tim yang performanya bagus. Menurut saya pilihan terbaik adalah Gresini Racing. Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian tim bagus ini," tutur Marc Marquez.

3 dari 3 halaman

Akhirnya Bisa Duet Bareng Adik

Marc sendiri sangat senang bisa berduet bareng dengan Alex di Gresini Racing Ducati. Pasalnya MotoGP 2024 akan menjadi momentum pertama keduanya bisa balapan bareng-bareng di tim yang sama selaam semusim MotoGP.

Sebenarnya Marc dan Alex pernah satu tim di Repsol Honda pada MotoGP 2020. Sayangnya saat itu Marc harus absen nyaris sepanjang musim karena cedera. Marc mengalami cedera di balapan pertama MotoGP 2020 di Jerez.

"Ini sebenarnya bukan pertama kali, tapi nampak seperti yang perdana. Yang pertama sebenarnya di Repsol Honda pada tahun 2020. Tapi saya saat itu kena cedera berat di seri pertama sehingga tidak bisa bersaing bersama saudara saya ini. Jadi ya ini akan menjadi tahun pertama kita bersama berjuang untuk menyelesaikan musim dan bekerja keras seperti biasa untuk meraih target," sambung Marquez di Kantor Kemenparekraf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini