Sukses

5 Fakta Menarik Jelang Real Madrid vs Atletico Madrid di LaLiga 2023/2024

Real Madrid akan bertemu Atletico Madrid pada lanjutan LaLiga pekan 23 musim 2023/2024.

Liputan6.com, Jakarta- Pekan 23 LaLiga 2023/2024 akan menghadirkan super big match. Real Madrid akan menjamu rival sekotanya Atletico Madrid di Stadion Santiago Bernabeu pada Minggu (5/2/2024) dini hari WIB. Laga ini akan sangat penting menentukan siapa yang jadi juara musim 2023/2024.

Real Madrid saat ini memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 57 poin. Mereka unggul dua angka dari peringkat dua Girona. Atletico Madrid menempati urutan tiga klasemen LaLiga. Tapi sudah tertinggal 10 angka.

Kondisi ini membuat Atletico Madrid wajib meraih kemenangan saat berkunjung ke Santiago Bernabeu. Jika sampai kalah maka Atletico sudah harus melupakan mimpi menjadi juara LaLiga musim ini.

Untungnya Atletico sedang dalam performa terbaik. Mereka mampu menang lima kali. Kekalahan terakhir di LaLiga didapat pasukan Diego Simeone itu saat keok 3-4 dari Girona.

Duel Real Madrid dan Atletico biasanya juga akan berlangsung panas dan sengit. Faktor sejarah berperan besar memanaskan suasana. Simak lima faktar menarik mengenai Derby Madrid ini di halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Atletico Dibentuk atas Reaksi Terhadap Real Madrid

Sekelompok pelajar Basque yang tinggal di Madrid menghadiri final Copa del Rey yang pertama pada tahun 1903 antara Athletic Bilbao dan Madrid FC, tim yang kemudian menjadi Real Madrid.

Mereka tidak menyukai cara bermain Madrid FC dan 18 hari kemudian mendirikan anak perusahaan Athletic yang berbasis di Madrid yang kemudian menjadi Atlético de Madrid.

3 dari 6 halaman

2. Atletico Pernah 14 Tahun Puasa Menang di Derby Madrid

Antara 1999 dan 2013, Atletico Madrid mengalami derby Madrid yang sangat buruk. Mereka tak pernah menang dalam 25 pertemuan dengan Real Madrid, hingga kedatangan Diego Simeone akhirnya mengubah nasib mereka.

Sejak kemenangan Los Rojiblancos yang tertunda, keseimbangan derby telah berubah; mereka telah memenangkan 12 dari 39 derby yang dimainkan sejak saat itu, serta seri 12 kali dan kalah 15 kali (di semua kompetisi). Rekor di LaLiga adalah enam kemenangan dan enam kekalahan dalam 21 derby.

4 dari 6 halaman

3. Tradisi Perayaan Fans Atletico

Pada tahun 1970-an, tradisi merayakan gelar bersama sesama pendukung tim di titik-titik tertentu di kota mulai muncul di sepak bola Spanyol. Air mancur Cibeles, yang terletak di pusat kota Madrid, muncul sebagai titik pertemuan yang ideal bagi para penggemar tersebut dan, meskipun saat ini sangat erat kaitannya dengan Real Madrid, sebenarnya para penggemar Atleti lah yang pertama kali mengadakan perayaan mereka di sana, setelah meraih gelar LALIGA pada tahun 1977.

Seiring berjalannya waktu, penggemar lain mulai menirunya dan tempat ini menjadi titik pertemuan penggemar di kota untuk meraih gelar; sepanjang tahun 1980-an, para pendukung Real Madrid merayakan kemenangan generasi ikonik Quinta del Buitre di sana. Pada saat Atlético memenangkan gelar lainnya pada tahun 1991 – Copa del Rey – Cibeles telah menjadi sangat dekat dengan Real Madrid sehingga para penggemar mereka memutuskan untuk memindahkan perayaan mereka sejauh 600 meter di jalan Paseo de la Castellana di kota tersebut ke air mancur Netptune.

5 dari 6 halaman

4. Sempat Lebih Besar daripada El Clasico

Saat ini, rival berat Real Madrid adalah FC Barcelona, ​​namun Derby Madrid menjadi hal yang lebih besar dalam beberapa dekade pertama setelah berakhirnya Perang Saudara Spanyol pada tahun 1939.

Seperti yang pernah dikatakan Alfredo Di Stéfano: “Lupakan FC Barcelona… tim yang bisa membuat kami frustrasi adalah Atlético.”

6 dari 6 halaman

5. Atletico Sering Juara Copa del Rey di Santiago Bernabeu

Stadion Santiago Bernabeu milik Real Madrid, lucunya, adalah tempat yang sangat spesial bagi para penggemar Atletico Madrid. Los Colchoneros telah memenangkan Copa del Rey sebanyak 10 kali, dengan sembilan di antaranya terjadi di stadion rival berat mereka.

Dari 10 keberhasilan mereka di final piala, hanya kemenangan tahun 1996 melawan FC Barcelona yang diadakan di stadion berbeda: La Romareda milik Real Zaragoza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini