Sukses

Bola Ganjil: Pemain Mandul Level Dewa, Gagal Cetak Gol Meski Main Hampir 500 Jam

Mencetak gol bukanlah tugas utama Joe Gomez. Beroperasi di lini belakang, dia lebih dituntut menghentikan serangan lawan. Terlepas itu, sebagai pemain sepak bola level elite, Gomez paling tidak semestinya sudah merobek gawang lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Mencetak gol bukanlah tugas utama Joe Gomez. Beroperasi di lini belakang, dia lebih dituntut menghentikan serangan lawan. Terlepas itu, sebagai pemain sepak bola level elite, Gomez paling tidak semestinya sudah merobek gawang lawan.

Nyatanya dia masih menanti. Sudah bermain 125 pertandingan Liga Inggris bagi Liverpool, atau 8.695 menit, Gomez belum juga mencetak gol. Padahal dia kerap diturunkan sebagai bek sayap yang memiliki kesempatan maju lebih sering.

Sosok berusia 26 tahun tersebut tidak hanya mandul di liga. Dia belum membuat gol bagi Liverpool pada 200 pertandingan di seluruh kompetisi, atau 14.039 menit, sejak bergabung dari Charlton Athletic tahun 2015. 

Tidak sebatas itu, Gomez nyatanya urung membuat gol bagi Charlton Athletic dalam 24 laga. Dia juga nestapa pada pentas internasional, dengan 32 penampilan bersama Inggris di berbagai level usia, 11 di antaranya pada panggung senior, gagal membuahkan gol.

Catatan Gomez sudah luar biasa. Nyatanya ada banyak nama yang lebih buruk, khususnya pada era Premier League (sejak 1992). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemain Mandul di Premier League

Des Walker (264 laga/23.308 menit), Tony Hibbert (265 laga/21.422 menit), Stephane Henchoz (243 laga/20.841 menit), dan Danny Simpson (213 laga/17.808 menit) adalah beberapa nama familier dengan durasi paceklik panjang di Premier League.

Nama terakhir bahkan mampu merebut gelar sembari melakukannya. Produk akademi Manchester United, Simpson sempat berkarier bersama Blackburn Rovers, Newcastle United, dan Queens Park Rangers sebelum berlabuh di Leicester City.

Dia kemudian menjadi juara bersama The Foxes pada musim 2015/2016. 

 

3 dari 3 halaman

Rekor Buruk Kenny Cunningham

Sosok dengan durasi mandul terlama sepanjang sejarah Premier League adalah Kenny Cunningham. Dia melewati 335 pertandingan atau 29.620 menit tanpa merobek gawang lawan, 'unggul' 6.000 menit atas pesaing terdekat.

Di Premier League, Cunningham memperkuat Wimbledon dan Birmingham City. Dia gagal menyumbang gol bagi kedua klub meski merumput hampir 500 jam. 

Seperti Gomez, Cunningham juga urung membuat gol pada pentas internasional meski membela Republik Irlandia dalam 72 pertandingan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini