Sukses

Erick Thohir Ungkap Rencana Uji Coba Timnas Indonesia U-20: Lawan Uzbekistan dan Thailand Akhir Januari

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap bakal ada dua laga uji coba yang diperuntukkan bagi Timnas Indonesia U-20, yakni melawan Uzbekistan dan Thailand, pada 26 dan 30 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap bakal ada dua laga uji coba yang diperuntukkan bagi Timnas Indonesia U-20 dalam waktu dekat. 

Sosok yang menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola Tanah Air menyebut Garuda Nusantara diagendakan menjajal kekuatan Uzbekistan dan Thailand pada 26 dan 30 Januari mendatang. 

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri memang tengah menggembleng anak-anak asuhnya melalui serangkaian pemusatan latihan sejak beberapa waktu terakhir. 

Pasukan muda Merah Putih sempat menghabiskan waktu 10 hari di Aspire Academy Qatar, sebelum kembali berkumpul di Tanah Air guna lanjut memanaskan mesin. 

Persiapan matang diperlukan lantaran Timnas Indonesia U-20 akan melakoni sejumlah agenda besar tahun ini. Garuda Nusantara dijadwalkan tampil dalam ajang Piala AFF U-19 2024 serta mencoba merebut tiket putaran final di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dan Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025. 

Guna memantapkan persiapan, Timnas Indonesia U-20 diminta melakukan uji coba dengan negara lain dalam waktu dekat. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Senin (8/1/2024). 

"Tentu Coach Indra Sjafri terus mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Dunia U-20 2025. Nanti tanggal 26 dan 30, akan ada friendly match dengan Uzbekistan dan Thailand," ucap Erick Thohir dalam acara di SUGBK, Senin (8/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-20 Bakal Uji Coba di SUGBK

Menurut Ketua Umum PSSI, duel persahabatan antara Timnas Indonesia U-20 melawan Uzbekistan dan Thailand nantinya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu berharap agenda Garuda Nusantara bakal mendapat dukungan penuh dari suporter dengan hadir langsung menyaksikan aksi skuad racikan Indra Sjafri. 

"Uji coba (rencananya) di GBK asal penontonnya dukung. Masa kita uji coba (lalu suporter) tidak datang," kata Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Jangan Beri Tekanan ke Timnas Indonesia U-20

Tak sampai di situ, Erick Thohir juga mengingatkan suporter agar tak memberi tekanan terlalu tinggi kepada Timnas Indonesia U-20 di uji coba mendatang. 

Hal itu mengingat skuad Garuda Nusantara belum terlalu lama berkumpul dan masih berada di tahap awal persiapan usai berlatih di Aspire Academy Qatar. 

"Timnas Indonesia U-20, memang setelah 10 hari di Qatar, kita training lagi di sini. Saya mendorong Coach Indra (untuk uji coba), walaupun awalnya Coach Indra dan para pemain sempat grogi," ucap Erick Thohir. 

"Karena begini, netizen kan biasanya baru persiapan dua bulan, lalu uji coba lawan Uzbekistan dan Thailand, kita tidak tahu hasilnya. Akan tetapi, kalau (mereka memberi) pressure terlalu tinggi, nanti akhirnya para pelatih dan pemain tidak mau uji coba." 

"Kita akan uji coba lagi di FIFA Matchday, Maret, untuk U-20. Dan saya masih menunggu pelatih timnas pugri dari Jepang. Mungkin ada uji coba juga timnas putri di bulan Maret," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.