Sukses

Sukses di 2023, Perbasi DKI Jakarta Siap Sambut 2024 dengan Modernisasi

Bola basket DKI Jakarta meraih masa-masa kejayaan di tahun 2023 lalu. Kesuksesan ingin terus dilanjutkan pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2023 baru saja berakhir. Berbagai prestasi membanggakan mampu diraih Perbasi DKI Jakarta di bawah komando Lexyndo Hakim. Meski sukses, bola basket ibukota tak mau berpuas diri dan siap menyongsong 2024 dengan modernisasi.

Perjalanan basket DKI Jakarta diawali keikutsertaan di Kejurnas U-15 2023 pada 7-15 Januari 2023. Tim putri ibu kota sukses meraup medali emas, sedangkan tim putra membawa pulang posisi runner-up.

Sukses tersebut terbilang luar biasa mengingat waktu persiapan yang sangat terbatas. Intinya, prestasi lahir berkat dukungan penuh Perbasi DKI Jakarta yang sukses berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras seluruh atlet-atlet putra dan putri DKI Jakarta dalam berjuang meraih prestasi pada Kejurnas. Saya pastikan kami Perbasi DKI Jakarta terus mendukung dengan sebaik-baiknya."

"Pada prinsipnya kami berusaha mendukung proses pembinaan atlet-atlet basket DKI Jakarta agar bisa mendapatkan hak dan pelayanan yang baik, khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas individual," tutur Lexy, Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta masa bakti 2022-2026.

Bicara prestasi lain, Jakarta kembali mengukir prestasi di nomor 3X3 pada November-Desember 2023. Pada Kejurnas 3X3 di Makassar, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum setelah memborong medali dari semua kategori kelompok umur yang dipertandingkan baik putra maupun putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencapaian Basket DKI Jakarta

Perinciannya, DKI Jakarta mengemas medali emas dan perunggu di kategori KU-16 putra. Sementara tim putri meraih medali emas.

Kategori KU-18 setali tiga uang. DKI Jakarta mengantongi medali emas di tim putra dan medali perak untuk tim putri.

Terakhir, di kategori KU-22, DKI Jakarta membawa pulang medali perunggu untuk tim putra dan putri, dengan kepesertaan tiga provinsi yang berpartisipasi.

Dua bulan sebelumnya, tim basket putra dan putri DKI Jakarta bahkan mengawinkan medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023 di Palembang. Ini tentu hasil kerja keras seluruh atlet, dibawah naungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta yang mana dalam kesempatan tersebut DKI Jakarta secara keseluruhan juga menjadi Juara Umum pada ajang olahraga terbesar untuk Pelajar di Indonesia.

Prestasi tak cuma soal medali. Tim DKI Jakarta putra dan putri 3X3 lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut, begitu juga dengan tim 5X5 putra dan putri.

3 dari 4 halaman

FIBA World Cup dan DBL Camp

Prestasi hanya salah satu bagian yang bisa dinikmati dari kesuksesan program-program Perbasi DKI Jakarta. Keterbukaan informasi, transparansi menjadi salah satu faktor basket di Jakarta semakin mendapat antusias yang sangat luar biasa di Masyarakat.

Terlepas dari itu, banyak penyelenggaraan di ibu kota yang juga sukses berkat dukungan Perbasi DKI Jakarta.

Turnamen terbesar tingkat SMA se-Indonesia, DBL, akhirnya melirik Jakarta sebagai salah satu kota penting dalam pergelaran tersebut. Untuk kali pertama DBL Camp menginjakkan kaki di ibu kota setelah sebelumnya selalu dihelat di Surabaya.

Jakarta kian menjadi daya tarik setelah partai final DBL 2023 Jakarta Series berlangsung meriah menggunakan hall basket terbesar, Indonesia Arena, pada 17 November 2023.

Kesuksesan itu tentu saja tak lepas dari keterbukaan informasi Perbasi DKI Jakarta juga dalam berkolaborasi serta mendukung kegiatan basket apa pun demi perkembangan basket Indonesia secara umum.

Tidak lupa dengan perhelatan terakbar Indonesia pada FIBA World Cup 2023, 25 Agustus-10 September 2023, di Indonesia Arena, Jakarta.

Perbasi DKI Jakarta selalu berdiri memberi dukungan bahkan mensosialisasikan FIBA World Cup 2023 meski Timnas Indonesia tak terlibat dalam turnamen.

4 dari 4 halaman

Modernisasi Basket DKI Jakarta

Refleksi perjalanan basket Jakarta tahun 2023 memberikan gambaran bagaimana transparansi, kolaborasi, modernisasi, sinergi, dan digitalisasi berjalan sesuai jalur. Perbasi DKI Jakarta selalu menyambut dengan tangan terbuka demi kemajuan basket Indonesia secara umum.

“Setahun sudah berlalu. Setahap demi setahap kami melakukan transparansi, modernisasi dan digitalisasi dari segi turnamen di tingkat Jakarta, pembinaan, bahkan sampai pengelolaan klub agar lebih baik. Kalau semua serba digital dan keadministrasian anggota sudah rapi, tentu ke depan tata kelola basket di Jakarta ikut meningkat,” tutur Lexy yang juga menjabat sebagai CdM Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Perjalanan setahun terakhir menjadi pembelajaran berharga bagi Perbasi DKI Jakarta. Program-program yang berjalan baik bakal dilanjutkan bahkan ditingkatkan menatap 2024.

Agenda-agenda besar menanti, seperti PON 2024 Aceh-Sumut. DKI Jakarta tentu punya target emas untuk semua kategori, yaitu 5X5 putra dan putri serta 3X3 putra dan putri.

“Belum sempurna, masih jauh dari harapan yang dinanti oleh anak Basket Jakarta, namun nawaitu kami untuk terus menyempurnakan keadministrasian Perbasi se-DKI Jakarta dapat berjalan dengan baik, dan kami harus berterimakasih kepada seluruh Ketua Umum Perbasi se-DKI Jakarta, baik Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu, karena kolaborasi dan kebersamaan adalah kunci sukses Jakarta untuk Indonesia. Tahun 2024 tentu akan menjadi tahun yang hebat, dimana penyesuaian-penyesuaian yang sudah dua tahun kepengurusan kami dapat tereksekusi dengan baik lagi, kita seriusi, ada tantangan, kita atasi dengan memberikan penjelasan, edukasi yang baik kepada para stakeholders basket di Jakarta."

"Beberapa hal lain yang dapat menjadi tantangan adalah keinginan untuk satu barisan dalam sebuah aturan atau peraturan, baik kota/kabupaten provinsi dan Nasional, tidak ada lagi peraturan yang berubah-ubah dan tidak konsisten. "

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.