Sukses

Bola Ganjil: Bukan Cuma Tugas Penyerang, 9 Pencetak Gol Berbeda Berbuah Kemenangan

Beban mencetak gol dalam pertandingan sepak bola berada di pundak para strker. Beroperasi paling dekat gawang lawan, dari merekalah gol dinanti dalam usaha tim meraih kemenangan. Namun, itu bukan berarti pemain di posisi lain bisa lepas tangan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Beban mencetak gol dalam pertandingan sepak bola berada di pundak para strker. Beroperasi paling dekat gawang lawan, dari merekalah gol dinanti dalam usaha tim meraih kemenangan.

Namun, itu bukan berarti pemain di posisi lain bisa lepas tangan begitu saja. Kontribusi mereka juga diharapkan, terlebih ketika keran para penyerang tersumbat.

Aksi penggawa Liverpool saat melawan Stromsgodset pada babak pertama Piala Winners 1974/1975 merepresentasikan benar hal tersebut. Nyaris seluruh pemain The Reds membuat gol.

Liverpool sukses melumat wakil Norwegia itu 9-0 di leg pertama yang berlangsung 17 September 1974. Alec Lindsay, Phil Boersma, Phil Thompson, Steve Heighway, Ian Callaghan, Emlyn Hughes, Peter Cormack, Tommy Smith, dan Ray Kennedy kemudian bergantian merobek gawang lawan, dengan Boersma dan Thompson melakukannya dua kali.

Hanya gelandang Brian Hall dan kiper Ray Clemence yang tidak mencatatkan nama di papan skor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

9 Pencetak Gol saat Bayern Munchen Berjaya

Jumlah pencetak gol terbanyak tersebut disamai raksasa Jerman Bayern Munchen. Mereka melakukannya kala menghadapi klub Divisi V DJK Waldberg pada babak pertama DFB Pokal 1997/1998.

Dengan kekuatan begitu timpang, Bayern Munchen mampu menang 16-1 di laga tersebut. Carsten Jancker menorehkan lima gol. Sementara delapan pencetak gol lainnya adalah Giovane Élber (3), Dietmar Hamann (2), Mehmet Scholl, Mario Basler, Thorsten Fink, Thomas Strunz, Thomas Helmer, dan Ruggiero Rizzitelli.

 

3 dari 3 halaman

8 Pencetak Gol di Sepak Bola

Laga-laga lain menghasilkan delapan pencetak gol. Salah satunya hadir pada musim ini ketika Newcastle United mencukur Sheffield United 8-0, September lalu. Sean Longstaff, Dan Burn, Sven Botman, Callum Wilson, Anthony Gordon, Miguel Almiron, Bruno Guimaraes, dan Alexander Isak bergiliran menyumbang gol bagi The Magpies.

Liverpool kembali berbagi gol saat membungkam Crystal Palace 9-0 pada 1989/1990. Glenn Hysen, Steve Nicol (2), Peter Beardsley, Ian Rush, John Barnes, Steve McMahon, John Aldrigde, dan Gary Gillespie menyumbang angka bagi The Reds.

Delapan pencetak gol juga hadir kala Ventspils menghancurkan B68 8-1 pada kualifikasi Piala UEFA 2004/2005. Penyumbang gol bagi Ventspils adalah Deimantas Bicka, Igoris Stukalinas, Vits Rimkus, Giorgi Rekhviashvili, Vitalijs Smirnovs, Andrejs Butriks, Jiri Krohmer, dan Andrey Agafonov.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.