Sukses

Skenario Lolos 16 Besar Liga Champions: Manchester United dan AC Milan Butuh Mukjizat

Fase grup Liga Champions 2023/2024 mencapai klimaks. Berlangsung matchday terakhir tengah pekan ini dengan 10 tim memperebutkan empat tempat tersisa di babak 16 besar.

Liputan6.com, Jakarta - Fase grup Liga Champions 2023/2024 mencapai klimaks. Berlangsung matchday terakhir tengah pekan ini dengan 10 tim memperebutkan empat tempat tersisa di babak 16 besar.

Ada beberapa nama besar yang masuk kelompok tersebut. Dua di antaranya adalah mantan juara Manchester United (Grup A) dan AC Milan (Grup F) yang membutuhkan mukjizat untuk terus berada di kompetisi.

Sementara mayoritas raksasa Eropa sudah mengamankan tempat di putaran gugur. Daftarnya mencakup para langganan seperti Bayern Munchen, Real Madrid, Barcelona, hingga juara bertahan Manchester City.

Seperti diketahui, hanya dua tim teratas dari masing-masing grup yang melaju ke babak perdelapan final. Penghuni peringkat tiga turun kasta ke play-off Liga Europa, sementara penghuni urutan buncit mengakhiri partisipasi di kompetisi Eropa musim ini.

Berikut situasi di setiap grup dan rangkaian skenario pada manctday terakhir Liga Champions:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Grup A Liga Champions

Bayern Munchen sudah dipastikan menjadi juara. FC Copenhagen, Galatasaray, dan Manchester United berebut satu tiket tersisa.

FC Copenhagen dan Galatasaray bertarung di Denmark, dengan MU menjamu Bayern Munchen. Kemenangan bagi FC Copenhagen atau Galatasaray akan membawa mereka lolos. Jika laga itu berakhir imbang, MU bisa melewati kedua rival asalkan menaklukkan Bayern Munchen.

3 dari 9 halaman

Grup B Liga Champions

Arsenal sudah mengamankan status juara grup. Mereka lolos ke babak 16 besar bersama PSV Eindhoven. 

Racing Lens dan Sevilla kini bertarung memperebutkan posisi ketiga. Kedua tim melakoni laga hidup mati di Stade Bollaert-Delelis.

4 dari 9 halaman

Grup C Liga Champions

Real Madrid sudah mengamankan status juara grup. Sementara satu tempat lain diperebutkan Napoli dan Braga.

Napoli hanya membutuhkan satu angka saat menjamu Braga pada laga terakhir di kandang sendiri. Sedangkan Braga wajib memetik kemenangan untuk melewati juara Italia tersebut.

 

5 dari 9 halaman

Grup D Liga Champions

Real Sociedad dan Inter Milan sudah pasti lolos ke 16 besar. Mereka selanjutnya bertarung di Stadio Giuseppe Meazza untuk memperebutkan status juara grup.

Red Bull Salzburg dan Benfica juga berduel demi tempat di Liga Europa. Salzburg cuma perlu bermain imbang, dengan Benfica harus memetik kemenangan.

6 dari 9 halaman

Grup E Liga Champions

Atletico Madrid dan Lazio sudah lolos ke 16 besar. Mereka selanjutnya bertarung di Estadio Wanda Metropolitano untuk memperebutkan status juara grup.

Red Bull Salzburg dan Benfica juga berduel demi tempat di Liga Europa. Salzburg cuma perlu bermain imbang, dengan Benfica harus memetik kemenangan.

Tiket Liga Europa dipastikan milik Feyenoord Rotterdam.

7 dari 9 halaman

Grup F Liga Champions

Juara tujuh kali AC Milan saat ini berada di dasar klasemen. Mereka wajib menaklukkan Newcastle United di partai pamungkas untuk membuka kans lolos ke babak 16 besar.

Di saat bersamaan, pasukan Stefano Pioli berharap Borussia Dortmund menaklukkan Paris Saint-Germain. Dortmund sudah pasti lolos ke perdelapan final, tapi masih membutuhkan satu angka untuk menjadi juara grup.

Jika duel Dortmund vs PSG berakhir imbang, kesuksesan Milan membekuk Newcastle tidak akan berguna karena mereka kalah rekor head to head.

8 dari 9 halaman

Grup G Liga Champions

Manchester City sudah jadi juara grup. Status runner-up milik RB Leipzig.

Identitas peringkat tiga yang tergusur ke Liga Europa juga sudah ketahuan, yakni Young Boys.

9 dari 9 halaman

Grup H Liga Champions

Barcelona sudah lolos, tapi belum jadi juara grup. Mereka butuh satu poin dari Royal Antwerp untuk merebutnya.

FC Porto dan Shakhtar Donetsk akan bertarung di Estadio do Dragao untuk mendampingi Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini