Sukses

Meriahkan Acara, Kejuaraan Dunia Jetski Juga Usung Seni dan Budaya Kearifan Lokal

Band Armada dan kompetisi Solu Bolon akan meramaikan hari ketiga Pesta Rakyat Terbesar di Danau Toba di Samosir Waterfront Pangururan.

Liputan6.com, Jakarta Pesta Rakyat Danau Toba yang digelar berbarengan dengan event olahraga air berskala internasional Aquabike Jetski World Championship 2023 berlangsung makin meriah. Acara ini rencananya diselenggarakan selama 5 hari dari 22 hingga 26 November 2023.

Pada hari ketiga penyelenggaraan atau Jumat besok 24 November 2023, Band Armada akan tampil meramaikan Pesta Rakyat Terbesar di Danau Toba di Samosir Waterfront Pangururan. Selain itu, di lokasi yang sama juga akan dimeriahkan oleh kompetisi Solu Bolon.

Kompetisi ini diikuti tim dari 8 kabupaten yang memperebutkan hadiah total senilai Rp250 juta. Pemenang kompetisi tersebut selanjutnya akan mengikuti pertandingan persahabatan dengan tim dari selebritas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pesta Rakyat Danau Toba berbarengan dengan event balap jetski yang memperebutkan Samosir Cup dalam kategori endurance.

“Solu Bolon yang merupakan tradisi masyarakat Sumatera Utara dihadirkan sebagai daya tarik pengunjung Pesta Rakyat Danau Toba. Kami berharap warga dapat menikmati pertunjukan musik dan juga kemeriahan kompetisi Solu Bolon," kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono.

"Dengan demikian, Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba menjadi lebih istimewa karena adanya side event yang menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya yang mengusung kearifan lokal,” ujar Maya Watono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Warga Kunjung Pesta Rakyat di Danau Toba

Pesta Rakyat pada 22-26 November 2023 merupakan yang terbesar pertama yang pernah diadakan di Danau Toba. Pada hari pertama Pesta Rakyat yang diselenggarakan di Karo dan hari kedua di Dairi berlangsung meriah yang dikunjungi oleh ribuan warga.

Kemeriahan Pesta Rakyat ini bersanding dengan event olahraga Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba, yang diikuti oleh 118 riders global dari 22 negara.

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney dengan Pemerintah Daerah yang terdiri dari Pemerintah Sumatera Utara dan 4 Pemerintah Kabupaten yakni Dairi, Samosir, Toba, dan Karo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.