Sukses

Masyarakat Antusias Sambut Kejuaraan Dunia Jetski di Danau Toba

Lokasi Pesta Rakyat sekaligus juga lokasi penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 meliputi 4 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Aquabike Jetski World Championship 2023 yang dilaksanakan berbarengan dengan Pesta Rakyat di Danau Toba resmi dibuka, Rabu (22/11/2023). Event olahraga bertaraf internasional ini rencananya akan berlangsung selama lima hari hingga tanggal 26 November 2023.

Pesta Rakyat yang dijadwalkan akan diselenggarakan setiap tahun ini, mendapat sambutan hangat dari para pengunjung serta warga sekitar. Puluhan ribu orang antusias mengikuti kemeriahan Pesta Rakyat terbesar ini.

Seperti diketahui, lokasi Pesta Rakyat sekaligus juga lokasi penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship 2023 meliputi 4 kabupaten yang mengelilingi Danau Toba, yakni Kabupaten Karo, Dairi, Toba, dan Samosir.

“Pesta Rakyat terbesar di Danau Toba akan menghadirkan berbagai acara yang menarik mulai dari panggung hiburan, pertunjukan budaya hingga pameran UMKM. Kami berharap para pengunjung dan warga sekitar bisa menikmati Pesta Rakyat Danau Toba yang juga disuguhi event olahraga berskala internasional Aquabike Jetski World Championship 2023,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono.

Persiapan matang hasil kolaborasi Pemerintah Daerah dan Pusat sudah dilakukan dan siap menyambut kedatangan pengunjung. Di antaranya mempercantik lokasi perhelatan serta memperbaiki berbagai fasilitas infrastruktur pendukung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angkat Citra Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Water Sport

Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat telah mempersiapkan moda transportasi gratis menuju venue serta lokasi parkir yang memadai. Fasilitas akomodasi mulai dari hotel hingga homestay juga telah dipersiapkan untuk menampung pengunjung yang diperkirakan jumlahnya mencapai 100 ribu orang.

Bukan itu saja, petugas keamanan dari TNI dan POLRI juga turut mendukung Pesta Rakyat dan event Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba dengan upaya pengamanan maksimal demi kelancaran perhelatan dan kenyamanan pengunjung.

“InJourney mengucapkan terima kasih dukungan dan kerja keras Pemerintah Daerah, aparat keamanan, serta masyarakat setempat dalam menyukseskan Pesta Rakyat Danau Toba 2023. Kami berharap Pesta Rakyat dan juga event Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba bisa terselenggara dengan baik, sehingga bisa mengangkat citra Danau Toba sebagai destinasi pariwisata water sport.” kata Maya Watono.

3 dari 3 halaman

Indonesia Pertama Kali Jadi Tuan Rumah Aquabike Jetski World Championship

Perlu diketahui bahwa Pesta Rakyat Danau Toba merupakan event yang dilaksanakan bersamaan dengan Aquabike Jetski World Championship. Tahun ini, Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Aquabike Jetski World Championship yang telah diselenggarakan di 40 negara.

Event ini menjadi kompetisi olahraga air berskala internasional kedua yang diselenggarakan di Danau Toba pada 2023. Sebelumnya, InJourney sukses menghadirkan event F1 Powerboat pada Februari 2023, yang saat itu mampu menarik lebih dari 25 ribu pengunjung.

Dalam penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship kali ini, sebanyak 118 riders dari 22 negara sudah memastikan keikutsertaannya.

Selain itu, ajang ini juga akan diikuti para riders, local heroes dari Indonesia. Jelang pelaksanaan event ini, terlihat sejumlah riders sudah mulai berdatangan. 10 kontainer logistik diberangkatkan dari Pelabuhan Belawan dengan pengawalan PJR Polda Sumut bersama Satuan Brimob, dan telah sampai dan masuk venue pada 18 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.